Persebaya Masuk Materi Latihan Taktikal, Fokus ke Pertahanan

Penulis: Dayat Huri
Kamis 10 Sep 2020, 07:30 WIB
Latihan taktikal Persebaya

Latihan taktikal Persebaya Surabaya/foto dok Persebaya

Berita Liga 1 Indonesia: Persebaya Surabaya mulai menjalani materi latihan taktikal yang diberikan tim pelatih. Salah satu fokus utama Aji Santoso pada tahap awal adalah membenahi lini pertahanan timnya yang di dua pertandingan awal Liga 1 Indonesia 2020 cukup keropos dengan lima kali kebobolan.

Menu latihan strategi bertahan tersebut dilahap penggawa Bajul Ijo selama kurang lebih 100 menit.

"Setelah satu minggu kami memberikan materi conditioning training. Ini tadi kami sudah mulai pelan-pelan ke taktikal," terang Aji seperti dilansir laman resmi Persebaya Surabaya.

"Saya mulai dengan taktik bertahan kepada para pemain. Ini seminggu ke depan banyak latihan taktikal," imbuhnya.

Pelatih berlisensi AFC A Pro tersebut sempat mencoba beberapa kombinasi pemain bertahan. Bahkan Muhammad Kemaluddin sempat dipasang sebagai bek tengah bersama Hansamu Yama.

Tidak hanya mencoba kombinasi pemain, ia juga melatih strategi compact defense. Sosok yang membawa Persebaya Surabaya juara musim 1997/1998 tersebut ingin seluruh pemainnya ikut aktif bertahan saat tim kehilangan bola.

Ia menganggap anak asuhnya masih memiliki feeling ball yang kuat. Meski sudah lima bulan tidak berlatih taktikal, tapi para pemain cepat paham dengan strategi yang diinginkannya.

"Sejauh ini cukup bagus. Apalagi ini kami berikan lima bulan setelah libur," terang mantan pelatih Persela Lamongan itu.

"Tetapi, secara keseluruhan anak-anak tinggal mengingatkan saja memahami saja sudah taktikal yang saya berikan mereka sudah paham. Tinggal saya bagaimana pemain ini terjadi otomatisasi ketika bertahan," sambungnya.

Untuk menguji permainan timnya, Aji Santoso berencana melakukan internal game dalam pekan ini. Namun dirinya belum akan melakukan uji coba dalam waktu dekat.

"Mungkin minggu depan (untuk uji coba). Kalau minggu ini kami belum ada uji coba, mungkin internal game saja," tandasnya.

Artikel Tag: persebaya, Aji Santoso, Liga 1

412  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini