Peran Jufriyanto yang Bikin Figurnya Masih Diperlukan Persib

Penulis: M. Aldi
Minggu 18 Feb 2024, 20:30 WIB
Bek Persib, Achmad Jufriyanto

Achmad Jufriyanto (Foto: Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Peran Achmad Jufriyanto sudah jarang terlihat di lapangan bersama Persib. Namun kehadirannya di tim ditegaskan Bojan Hodak masih sangat dibutuhkan sebagai sosok yang senior.

Sebagai pemain yang sudah berusia 37 tahun, peran baru diberikan tim pelatih pada Jufriyanto. Bojan lebih memanfaatkan sang pemain sebagai penjembatan antara tim pelatih dengan penggawa Maung Bandung.

"Jupe (sapaan Jufriyanto) adalah salah satu pemain tertua dalam tim, dan banyak pemain menaruh hormat kepadanya, pemain asing juga menaruh hormat kepada pemain lokal seperti dia," kata sang pelatih saat diwawancara, Minggu (18/2).

Musim ini, bek asal Tangerang tersebut baru tampil satu kali. Itu juga dia dipasang sebagai pengganti ketika berhadapan dengan Dewa United. Sedangkan di musim lalu, dia tampil sebanyak 24 kali.

Meski hanya jadi opsi terakhir di barisan belakang tetapi fungsinya di tim sangat vital. Bahkan Bojan Hodak sudah memproyeksikan Jupe untuk jadi asisten pelatih di musim depan.

Sosoknya merupakan legenda di Persib karena menjadi pahlawan kemenangan saat menjuarai ISL 2014. Stoper bernomor punggung 16 tersebut jadi algojo terakhir dalam drama adu penalti di final melawan Persipura.

Nilai plus lainnya dari Jufriyanto adalah kemampuan bahasa Inggrisnya yang bagus. Belum lagi pengalaman pernah bermain di Kuala Lumpur FA di musim 2018 lalu membuat komunikasi mereka bisa berlangsung baik.

"Dia bagian dari sejarah di Bandung, dia merupakan bagian dari tim saat terakhir menjuarai liga. Bagi saya, nilai lebih lainnya adalah dia pernah bermain di luar negeri, bermain di Malaysia," jelas Bojan.

"Jadi dia itu bisa mengerti bahasa dan apapun yang saya butuhkan untuk menerjemahkan sesuatu di dalam bidang sepakbola, dia bisa melakukannya. Dia mampu memberikan informasi yang saya butuhkan," imbuhnya.

Karena itu, Jupe masih sangat dibutuhkan oleh tim pelatih meski bukan dari aksinya di lapangan. Tapi sebagai perpanjangan tangan pelatih serta pemimpin dari tim terutama bagi para pemain muda.

"Jadi tentunya bagus bisa memiliki sosok yang bisa memandang banyak hal di sekitar dan di masa depan, dia akan menjadi pelatih yang bagus," pungkasnya.

Artikel Tag: Achmad Jufriyanto, Persib, bojan hodak

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/peran-jufriyanto-yang-bikin-figurnya-masih-diperlukan-persib
773  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini