Pemain Premier League Punya Hak Tolak Kompetisi Dilanjutkan

Penulis: Demos Why
Kamis 07 Mei 2020, 07:41 WIB
Pemain Premier League Punya Hak Tolak Kompetisi Dilanjutkan

Logo Premier League (Foto: Getty Images)

Berita Liga Inggris: Mantan bintang Liverpool, Stan Collymore, angkat suara untuk mengomentari terkait rencana Premier League kembali digelar di tengah pandemi virus corona. Collymore mengklaim para pemain memiliki hak untuk melanjutkan kompetisi andai merasa tak aman dan mengancam kesehatan mereka.

Belum lama ini, Premier League dikabarkan akan melanjutkan kompetisi musim 2019/20 pada 12 Juni mendatang dengan tajuk 'Project Restart'. Rencana tersebut telah mendapatkan persetujuan dari 20 perwakilan klub namun tetap harus menunggu rekomendasi pemerintah Inggris dan Badan Kesehatan Nasional [NHS].

Adapun rencana kembali melanjutkan kompetisi pada bulan depan nyatanya membuat sebagian pihak terkejut. Meski protokol lockdown akan dicabut oleh pemerintah Inggris pada 10 Mei mendatang, namun kondisi di sana belum sepenuhnya aman karena penyebaran virus corona masih terjadi serta vaksin untuk menangkal penyakit ini belum juga ditemukan. Kondisi itu membuat sebagian pemain mulai khawatir akan tertular covid-19 dan bisa menginfeksi anggota keluarga mereka yang lain.

Collymore sendiri mengaku bisa mengerti apa yang dirasakan oleh kebanyakan pemain yang masih khawatir dengan risiko terpapar virus mematikan tersebut. Collymore lantas mengklaim para pemain memiliki hak untuk menolak melanjutkan kompetisi dengan alasan kesehatan dan keselamatan mereka.

"Jika saya masih seorang pemain sepak bola profesional, maka saya akan takut dengan prospek bermain lagi. Saya hanya berharap para pemain tidak merasa ditindas dan dimanipulasi untuk kembali beraksi sebelum mereka sepenuhnya merasa aman untuk melakukannya," ujar Collymore dalam kolomnya di Mirror.

"Setiap pemain akan tahu bagaimana rasanya ketika mereka kembali dari cedera dan mereka ditanya, 'Bisakah Anda bermain hari ini?' Ada banyak pertanyaan tentang hal itu dengan nada setengah menekan yang membuat Anda tahu hanya ada satu jawaban yang dianggap benar."

"Setiap pemain sepak bola memiliki hak untuk menyuarakan isi hati mereka terkait kekhawatiran jika kompetisi harus dilanjutkan lagi, dan saya harap mereka tak akan menyerah begitu saja sebelum kompetisi kembali dilanjutkan pada pertengahan Juni jika memang mereka benar-benar tak merasa nyaman. Saya sepenuhnya bisa mengerti kenapa kebanyakan pemain menolak untuk kembali bermain."

"Mereka bukan khawatir akan tertular karena kondisi mereka sangat bugar dan sehat, namun mereka hanya takut hanya akan menjadi perantara virus yang bisa menginfeksi orang tua, pasangan, anak-anak serta teman-teman mereka," pungkasnya.

Artikel Tag: Stan Collymore, Premier League, Virus Corona

374  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini