banner babe

Pelatih Tolak Anggapan Persib Kebobolan Banyak Gol Karena Performa Kiper

Penulis: M. Aldi
Sabtu 07 Sep 2019, 17:00 WIB
Pelatih Tolak Anggapan Persib Kebobolan Banyak Gol Karena Performa Kiper

Gatot Prasetyo

Berita Liga 1 Indonesia: Persib menutup putaran pertama pada Liga 1 2019 dengan catatan yang kurang baik. Selain tumpul di lini depan, gawang mereka juga terbilang mudah jebol lantaran sudah 25 gol bersarang.

Peran penjaga gawang pun menjadi sorotan dengan data tersebut sebab musim lalu hanya 16 gol kemasukan dari 17 laga. Pelatih kiper, Gatot Prasetyo, mengakui evaluasi harus dilakukan untuk memperbaiki statistik buruk tersebut.

"Tentunya jadi bahan evaluasi kita dari jumlah gol, bagaimana prosesnya. Dan gol yang bersarang di gawang Persib cukup jadi warning untuk kita," ujar Gatot ketika diwawancara awak media seusai latihan.

Tapi menurutnya evaluasi bukan hanya ditujukan kepada penjaga gawang saja. semua pemain termasuk sistem bertahan juga patut diperbaiki karena perkara kebobolan bukan cuma kesalahan dari kiper saja.

"Dari sini tentunya kita secara menyeluruh melakukan evaluasi dari sebelum terjadinya gol itu segala macam kita antisipasi. Sampai terjadinya gol itu bagaimana peran penjaga gawang yang terakhir bisa mencegah terjadinya gol," ujarnya.

Diperlukan analisa mendalam dari tim pelatih kenapa gol mudah bersarang di gawang Persib. Menurutnya peran kiper memang ada dalam kasus ini. Namun peran pemain lainnya melakukan defense action juga bisa jadi sumber masalah timnya.

"Iya dianalisis secara global engga bisa hanya penjaga gawang saja, karena ada proses gol. Ada gol yang kita bisa menyoroti peran kiper sendiri dan ada juga dari sisi koordinasi di lini belakang, komunikasi dan banyak hal lainnya," jelasnya.

Jeda paruh musim selama dua pekan pun dimanfaatkan oleh Maung Bandung untuk berbenah. Salah satunya mendaratkan seorang bek baru, Nick Kuipers dengan harapan bisa memegang komando untuk pemain bertahan lainnya.

"Kita cukup waktu untuk itu dan ada gambaran dari kita, salah satu solusinya dengan pergantian pemain di lini belakang. Ada harapan lebih bisa diminimalisir dan ada sosok leader di sana dengan harapan komunikasi lebih baik lagi," tukasnya.

Artikel Tag: Gatot Prasetyo, Persib, Bandung

1249  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini