Pandangan Kim Terhadap Liga Jerman yang Sudah Bergulir Lagi

Penulis: M. Aldi
Minggu 24 Mei 2020, 08:45 WIB
Pandangan Kim Terhadap Liga Jerman yang Sudah Bergulir Lagi

Kim Jeffrey Kurniawan

Berita Liga 1 Indonesia: Bundesliga Jerman sudah masuk pekan kedua pasca dihentikan karena pandemi corona. Setelah matchday ke-26 digelar pekan lalu, akhir pekan ini klub-klub kasta tertinggi Jerman kembali bertanding.

Bergulirnya kompetisi di Jerman pun dipantau oleh Kim Jeffrey Kurniawan. Dirinya senang bisa mengobati rasa rindu terhadap sepak bola setelah dihentikan cukup lama. Meski memang banyak peraturan baru yang berlaku sesuai protokol kesehatan.

"Suasana baru Liga Jerman tentu agak aneh, dan harus adaptasi dengannya. Tapi akhirnya senang bisa melihat sepakbola lagi," terang pemain yang juga naturalisasi dari Jerman itu pada awak media ketika diwawancara.

Kim sendiri terus memperbaharui informasinya mengenai Jerman karena orang tuanya juga masih tinggal di sana. Menurutnya, kondisi di Jerman sudah semakin bagus usai masa pandemi yang menewaskan cukup banyak orang.

"Kondisi Jerman yang saya dapat dari keluarga atau media aman-aman sejauh ini, sudah jauh lebih baik dibandingkan kemarin. Mereka benar-benar yakin covid-19 telah di bawah kendali di sana," lanjut pemain berusia 29 tahun ini.

Tingkat kedisiplinan yang tinggi dikatakan Kim menjadi resep penanganan pandemi di Jerman berlangsung cepat. Hasilnya laga sepak bola pun sudah boleh digelar dengan catatan tidak boleh mendatangkan penonton.

"Menurut saya dalam situasi seperti ini Jerman sudah melakukan cara terbaik. Dan respect kepada supporter juga yang pastinya ingin datang tapi demi kebaikan semua tetap di rumah dan tidak berkumpul di luar stadion pun," jelasnya.

Kondisi Jerman yang sudah bisa menggelar laga sepak bola cukup membuat Kim iri. Apalagi dia sudah rindu suasana pertandingan dan agenda latihan sehari-hari. Dia berharap masa krisis bisa segera usai dan setidaknya Kim bisa mulai berlatih bersama tim.

"Tetap saya berharap bahwa secepatnya berkumpul lagi, mungkin awalnya dibagi grup seperti di liga-liga lain juga. Tapi saya sudah tidak sabar untuk akhirnya diperbolehkan untuk main bola lagi dan semoga secepatnya liga bergulir kembali," tukasnya.

Artikel Tag: Kim Jeffrey Kurniawan, Persib, Bundesliga

1103  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini