Palestina Tarik Diri dari Piala Merdeka Akibat Pertempuran dengan Israel

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 10 Okt 2023, 22:25 WIB
Selain Piala Merdeka, Palestina juga akan memainkan laga kualifikasi Piala Dunia versus Lebanon dan Australia pada November nanti. (Foto: Inside The Games).

Selain Piala Merdeka, Palestina juga akan memainkan laga kualifikasi Piala Dunia versus Lebanon dan Australia pada November nanti. (Foto: Inside The Games).

Ligaolahraga.com -

Tim sepak bola putra Palestina telah menarik diri dari turnamen Piala Merdeka di Malaysia setelah pecahnya pertempuran di Israel dan Jalur Gaza.

Para pejuang Hamas menerobos pembatas antara Gaza dan Israel pada hari Sabtu (7/10), melancarkan serangan mematikan yang menewaskan lebih dari 900 orang, termasuk sekitar 250 orang di sebuah festival musik.

Kelompok Islamis ini juga menghujani Israel dengan roket dan menyandera beberapa orang, sementara Israel membalas dengan serangan udara yang merupakan gejolak terbesar dalam permusuhan antara dua negara bertetangga ini sejak tahun 1970-an.

Ratusan warga Palestina telah terbunuh dan Israel telah mengumumkan bahwa tanggapannya terhadap serangan mendadak tersebut baru saja dimulai, di tengah pengepungan yang sedang berlangsung dan kemungkinan invasi darat.

Piala Merdeka akan mempertemukan Malaysia, India, Tajikistan dan Palestina dan akan dimainkan antara tanggal 13 dan 17 Oktober.

"Tim Palestina harus menarik diri dari partisipasi dalam edisi ke-42 Piala Merdeka ini karena mereka tidak dapat terbang ke Kuala Lumpur karena situasi yang tegang di negara tersebut saat ini," kata Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Pihak penyelenggara menambahkan bahwa turnamen akan dilanjutkan dengan tiga tim yang tersisa.

India akan melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur pada 13 Oktober, dengan pemenang akan bertemu Tajikistan di babak final pada 17 Oktober.

"Perubahan format adalah solusi terbaik yang telah dicapai dalam pertemuan khusus antara FAM sebagai penyelenggara Piala Kemerdekaan 2023 [Merdeka] dengan manajemen tim India dan Tajikistan, pagi ini setelah mempertimbangkan keterbatasan waktu menyusul pengunduran diri tim Palestina," tambah FAM.

Badan sepak bola Eropa UEFA telah menunda pertandingan sepak bola yang dijadwalkan akan digelar di Israel, termasuk sebuah partai kualifikasi untuk Piala Eropa.

Israel dijadwalkan bermain melawan Swiss di Tel Aviv pada Kamis (12/10) mendatang, namun pertandingan tersebut ditunda.

Pertandingan kualifikasi Piala Eropa U-21 melawan Estonia dan Jerman, yang dijadwalkan pada 12 dan 17 Oktober, juga telah ditunda bersamaan dengan turnamen mini yang melibatkan tim U-17 Israel, Belgia, Gibraltar, dan Wales.

Palestina dijadwalkan untuk memainkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Lebanon dan Australia pada bulan November nanti.

Artikel Tag: Piala Merdeka

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/palestina-tarik-diri-dari-piala-merdeka-akibat-pertempuran-dengan-israel
228  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini