Mourinho Ungkap Rahasia Inter Kalahkan Barcelona 9 Tahun Lalu

Penulis: Rheza Hendrian
Selasa 07 Mei 2019, 11:24 WIB
Mourinho Ungkap Rahasia Inter Kalahkan Barcelona 9 Tahun Lalu

Mou Rayakan Kemenangan Fenomenal Atas Barcelona 9 Tahun Silam / via AP Photo

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Champions: Mantan pelatih Inter Milan, Jose Mourinho membeberkan rahasianya dalam mengalahkan Barcelona di babak semifinal Liga Champions sembilan tahun silam.

Pelatih yang dijuluki sebagai The Special One ini memang dikenal jenius dalam meracik sebuah formasi.

Salah satu taktik brilian yang pernah ia terapkan adalah bagaimana Inter bisa meredam gaya sepakbola Tiki-Taka Barcelona di tahun 2010.

Saat itu, Inter Milan dan Barcelona saling bertemu di babak semifinal Liga Champions musim 2009/10.

Pada leg pertama yang digelar di Giuseppe Meazza, Inter berhasil mengalahkan Barca dengan skor 3-1 berkat gol yang dicetak oleh Maicon, Wesley Sneijder, dan Diego Milito.

Menurut Mourinho, trik Inter untuk menang dalam laga itu adalah dengan menerapkan formasi diamond di lini tengah Inter untuk membatasi pergerakan para gelandang El Barca yang sangat mobile pada saat itu.

Para gelandang Inter menjalin komunikasi yang konstan dengan bek kiri untuk menghadang pergerakan Lionel Messi yang sering naik turun membantu penyerangan Blaugrana.

Mou pun menyebut bahwa ia menciptakan sebuah 'penjara' untuk mematikan pergerakan Messi.

Manajer asal Portugal itu lalu memuji dua gelandang bertahan Inter saat itu, Thiago Motta dan Esteban Cambiasso sebagai pemain yang memiliki mental baja.

Mourinho pun lalu menjelaskan taktiknya bagaimana timnya bisa mencetak gol ke gawang Barcelona.

Ia mengaku mengeksploitasi bek sayap Barcelona yang cukup agresif dengan kecepatan yang dimiliki oleh Maicon dan Samuel Eto'o. Mou pun mengatakan bahwa bek kiri Barca saat itu, Maxwell, sebagai titik lemah klub La Liga tersebut.

Mou tahu bahwa pemain asal Brasil tersebut tidak begitu bagus dalam bertahan dan ia pun menginstruksikan Maicon untuk 'menghukum' kelemahan Maxwell tersebut.

Akselerasi Eto'o juga sangat penting bagi Inter dalam membongkar pertahanan Carles Puyol dkk. Belum lagi duet Goran Pandev dan Wesley Sneijder yang sangat aktif dalam melakukan transisi permainan, baik saat Inter menyerang maupun bertahan.

Taktik brilian tersebut berjalan sukses bagi Mourinho dan pelatih Barcelona saat itu, Pep Guardiola tidak bisa mengatasi kejeniusan taktik dari Mou.

Inter Milan pun akhirnya menang agregat 3-2 dari Barcelona dan mengalahkan Bayern Muenchen di babak final untuk menjadi satu-satunya tim asal Italia yang pernah meraih treble winners.

Artikel Tag: Jose Mourinho, Inter Milan, Barcelona

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/mourinho-ungkap-rahasia-inter-kalahkan-barcelona-9-tahun-lalu
4299  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini