Meski Ada VAR, Kinerja Wasit Utama Belum Bikin Umuh Puas

Penulis: M. Aldi
Jumat 17 Mei 2024, 07:30 WIB
Komisaris Persib, Umuh Muchtar

Umuh Muchtar

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Kinerja wasit masih jadi perhatian Umuh Muchtar dalam memimpin pertandingan. Meski sudah ada teknologi video assistant referee (VAR) tapi beberapa keputusan masih menyisakan tanda tanya.

Partai semifinal championship series jadi awal VAR diterapkan di kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Ada beberapa kejadian pada laga Persib kontra Bali United diperiksa melalui teknologi ini oleh wasit Heru Cahyono.

Salah satu keputusannya adalah penalti untuk Maung Bandung karena David da Silva ditekel di kotak 16. Namun ada keputusan lain yang dianggap keliru saat Jefferson Assis memukul wajah Nick Kuipers tetapi tidak diberi kartu merah.

"Kita punya VAR, alhamdulillah bisa penalti tapi ada beberapa masalah yang kita punya buktinya, ini yang kita harus waspadai. Jangan sampai lagi besok, saya minta wasit yang netral, benar-benar netral," tutur Umuh Muchtar ketika diwawancara, Kamis (16/5).

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat ini ingin wasit yang punya integritas untuk memimpin jalannya laga. Apalagi menurutnya ini merupakan laga yang penting karena berpengaruh pada langkah tim dalam membuka jalur ke tahta juara.

"Wasit itu harus benar-benar saja dari pimpinannya diterapkan. ga boleh ada yang main-main, kalau ada yang main-main gitu ya parkir aja selamanya, jangan dimainkan lagi," lanjut Umuh.

Laga leg kedua semifinal championship series Liga 1 2023/2024 ini akan dimainkan pada Sabtu (18/5) malam. Dia berharap wasit terbaik yang memimpin jalannya pertandingan sehingga minim keputusan kontroversial.

"Wasit kemarin juga bagaimana cara penatarannya, bagaimana cara penerapannya dia waktu diseleksi, kenapa bisa lulus wasit yang kaya gini. Sayang lah jadi rusak, Bali juga sama banyak komplain," tutur dia.

Maung Bandung sendiri fokus menjalani persiapan di masa jeda untuk bisa meraih kemenangan. Sesi latihan sudah dimulai untuk mengevaluasi kekurangan. Jajaran manajemen juga yang dihadiri Glenn Sugita selaku CEO klub mengumpulkan anggota tim untuk memberi motivasi.

"Ya memberikan motivasi saja kepada Persib, pemain sengaja diundang, Pak Glenn juga karena sibuk jadi sengaja meluangkan waktu untuk memberikan motivasi kepada anak-anak. Itu saja intinya," tukas pria 75 tahun tersebut.

Artikel Tag: umuh muchtar, Persib, Bali United

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/meski-ada-var-kinerja-wasit-utama-belum-bikin-umuh-puas
391  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini