Mayoritas Kontrak Para Pemain Persebaya Surabaya Telah Kedaluwarsa

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 02 Jan 2021, 07:00 WIB
Para pemain Persebaya Surabaya saat berlatih sebelum kompetisi dihentikan

Para pemain Persebaya Surabaya saat berlatih sebelum kompetisi dihentikan/foto dok Persebaya

Berita Liga 1 Indonesia: Memasuki tahun baru 2021, hampir semua pemain kontrak para pemain Persebaya Surabaya telah kedaluwarsa karena kontrak para pemain hanya sampai 31 Desember 2020.

Meski kontrak para pemainnya sudah habis, tidak ada tawaran kontrak baru yang diberikan manajemen. Belum jelasnya nasib kompetisi Liga 1 jadi alasan utama.

"Secara legalitas sudah tidak ada ikatan antara pemain, pelatih, dengan pihak manajemen. Artinya, tidak ada kewajiban yang harus dipenuhi kedua belah pihak," kata Sekretaris tim Persebaya Surabaya Ram Surahman seperti dilansir laman Jawa Pos.

Dengan telah kedaluwarsa kontrak pemain per 1 Januari 2021, mereka juga sudah tidak menerima hak apa pun dari manajemen. Sejauh ini, pihak manajemen masih membayar gaji pemain dan pelatih sebesar 12 persen. Besaran gaji tersebut diberikan sampai akhir Desember 2020 kemarin. Itu sekaligus jadi gaji pemungkas karena kontrak belum diperbarui.

Memang, secara legalitas, pemain maupun pelatih sudah bukan bagian dari Persebaya. Ram tidak menampik hal itu. Namun, pihak manajemen tidak bisa begitu saja lepas tanggung jawab kepada pemain dan pelatih.

"Karena sejauh ini PSSI melabeli kompetisi tahun depan dengan lanjutan Liga 1 2020. Jadi, secara tidak langsung masih ada ikatan (dengan pemain dan pelatih)," jelas pria yang pernah menjabat media officer Persebaya tersebut.

Hal itulah yang membuat manajemen kebingungan. Sebab, selama ini pihak federasi tetap ngotot melanjutkan kompetisi musim 2020. Padahal, manajemen Green Force ingin kompetisi musim 2020 dihentikan. Kemudian memulai musim baru 2021.

"Dengan begitu, kami dari pihak klub akan lebih mudah menyiapkan segala sesuatu," tambah

Tidak jelasnya kompetisi itu pula yang membuat pihak manajemen belum melakukan apa pun. Termasuk menyodorkan tawaran kontrak. Sebab, menurut Ram, pihaknya baru berani menawarkan kontrak anyar kalau sudah ada kepastian kompetisi.

"Karena dasarnya kami menawarkan kontrak kan untuk kompetisi ke depan. Sementara sekarang kompetisi belum jelas," pungkasnya.

Meski mayoritas kontrak pemain Persebaya Surabaya telah habis pada 31 Desember 2020, masih terdapat beberapa pemain muda yang dipastikan bertahan karena memiliki kontrak jangka panjang, seperti Rizky Ridho (2023), Koko Ari Araya (2022), Ernando Ari (2022), M. Supriadi (2022), M. Kemaluddin (2022), Zulfikar Akhmad (2022).

Artikel Tag: Persebaya Surabaya, ram, Liga 1

911  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini