Masuk 5 Stadion Termegah ASEAN, Atap Ikonik Temugelang SUBGK Pikat AFC

Penulis: Dayat Huri
Selasa 05 Mei 2020, 23:30 WIB
Masuk 5 Stadion Termegah ASEAN, Atap Ikonik Temugelang SUBGK Pikat AFC

Stadion Utama Gelora Bung Karno/foto dok pssi

Berita Sepak Bola Nasional: Stadion kebanggaan Indonesia, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam lima stadion termegah dan ikonik yang terdapat di Asia Tenggara versi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Selain SUGBK, AFC juga memasukkan empat stadion di ASEAN lainnya, yakni Stadion Bukit Jalil (Malaysia), Stadion Australia (Sydney), Stadion My Dinh (Hanoi, Vietnam), hingga Stadion Rajamangala (Bangkok, Thailand). Lewat situs resminya, AFC juga mengajak para suporter untuk memilih tiga stadion terbaik menurut versi mereka.

"Asia memiliki beberapa stadion terbaik di dunia, tempat ikonik yang secara rutin menghadirkan ribuan penggemar di tribun untuk mendukung tim favorit mereka," bunyi pernyataan AFC, dilansir dari laman PSSI.

"Kami menghadirkan beberapa stadion terbaik di Asia, dimulai dengan lima stadion paling ikonik di kawasan ASEAN."

AFC menyebut SUGBK merupakan stadion yang menakjubkan dan salah satu ikon Indonesia serta merupakan salah satu venue olahraga paling unik.

Salah satu kemegahan SUGBK yang disorot AFC adalah atap ikonik SUGBK yang dikenal dengan julukan temugelang. Atap yang berbentuk oval dan menutupi seluruh tribune semakin mempercantik tampilan GBK.

Kemegahan yang terpampang di Stadion yang berkapasitas Dengan kapasitas 77.193 tempat duduk ini tak terlepas dari renovasi besar-besaran saat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2018.

SUGBK dibangun untuk menjadi tuan rumah Asian Games keempat pada tahun 1962, Stadion Gelora Bung Karno dinamai setelah Presiden Indonesia pertama, Sukarno, dan telah menjadi tuan rumah sejumlah turnamen sepak bola dan pertandingan internasional di samping tiga Kejuaraan Atletik Asia, dan juga menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018.

Artikel Tag: PSSI, AFC, sugbk, stadion utama gelora bung karno

491  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini