Manuel Neuer: Aksi Tutup Mulut di Piala Dunia untuk FIFA, Bukan Untuk Islam!

Penulis: Febrian Kusuma
Minggu 05 Feb 2023, 10:30 WIB
Manuel Neuer

Manuel Neuer (Sumber: Adam Pretty/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Kiper andalan Timnas Jerman dan Bayerm Munich, Manuel Neuer, baru-baru ini kembali mengungkit aksi tutup mulut yang dilakukan oleh Timnas Jerman pada laga melawan Timnas Jepang di matchday pertama babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam sebuah wawancara, Manuel Neuer mengungkapkan bahwa aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes mereka kepada FIFA selaku otoritas tertinggi sepakbola karena telah melarang Der Panzer mengenakan ban kapten ‘One Love’ selama Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya memang berencana untuk mengenakan ban kapten ‘Pelangi’ itu sebagai bentuk dukungan mereka kepada kaum homoseksual.

Neuer membantah bahwa aksi tutup mulut itu ditujukan kepada Qatar selaku tuan rumah, yang mana negara Islam asal Timur Tengah itu memang dengan tegas melarang adanya unsur dukungan kepada homoseksual selama Piala Dunia 2022. Dalam syariat Islam, homoseksual memang perbuatan yang sangat diharamkan.  

“Itu semua bentuk protes kepada FIFA, sama sekali tidak ditujukan kepada dunia Arab atau Islam. Kami juga memiliki pemain Muslim, ada rasa hormat yang besar untuk mereka. Kita hidup dalam keragaman, itu adalah keadaan alami bagi kita,” ucap Manuel Neuer, dikutip dari laman Bavarian Football Works.

“Perlu saya tegaskan, saya dari Gelsenkirchen. Seluruh wilayah Ruhr secara ekonomi bergantung pada imigran Polandia, Turki, dan Italia, hanya berkat mereka kami memiliki kehidupan yang sejahtera. Saya bersyukur bahwa saya tumbuh seperti itu,” pungkasnya.

Artikel Tag: Manuel Neuer, Piala Dunia 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/manuel-neuer-aksi-tutup-mulut-di-piala-dunia-untuk-fifa-bukan-untuk-islam
1709  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini