Liga 1 Segera Gunakan VAR? Baru Tiga Stadion yang Punya VAR Room

Penulis: Dayat Huri
Senin 11 Des 2023, 08:15 WIB
Stadion Kaptn I Wayan Dipta jadi salah satu stadion di Liga 1 yang punya VAR Room

Stadion Kaptn I Wayan Dipta jadi salah satu stadion di Liga 1 yang punya VAR Room/foto dok Bali United

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) semakin matang dalam perencanaan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

Rencana tersebut memang sesuai dengan rencana awal, yaitu penggunaan VAR akan pada putara kedua Liga 1 musim 2023/2024. Pihak LIB bersama klub terus berupaya untuk melengkapi fasilitas.

Humas PT. LIB, Sabina Katya menjelaskan bila sudah ada 15 VAR yang akan disiapkan untuk mendukung pengembangan kompetisi sepak bola di Indonesia.

Dari 15 VAR yang tersedia di masing-masing venue stadion kontestan Liga 1 musim 2023/2024. Sayang, sampai sejauh ini baru ada VAR Room yang siap pakai sementara sisanya akan mobile.

"Ya, kami sekarang ada 15 VAR dan ada 3 venue yang memiliki VAR Room. Tiga venue tersebut adalah Stadion Manahan (Solo), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali) dan salah satu stadion di Bandung, Jawa Barat," terangnya seperti dikutip dari laman resmi klub.

Seperti yang diketahui, Stadion yang bermarkas di Bandung antara lain Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Si Jalak Harupat yang baru saja dipakai venue Piala Dunia U17 di Indonesia.

Tiga stadion yang sudah memiliki VAR Room ini akan bersifat permanen dimana alat-alat penunjang VAR akan tetap berada di venue tersebut.

Sementara VAR lainnya bersifat mobile dan berpindah-pindah tempat sesuai kebutuhan venue pertandingan setiap lokasi yang melangsungkan pertandingan.

Selain mempersiapkan VAR untuk di kompetisi liga, para wasit dan asisten wasit terus menjalani pelatihan penggunaan VAR dan simulasi di lapangan.

"Jadi sekarang sudah mulai masuk ke tahap dua yaitu wasit dan asisten wasit dibekali latihan lain. Sementara untuk simulasi di lapangan akan berlangsung pada bulan Januari tahun depan. Timeline ini juga sudah diketahui FIFA yang membantu persiapan ini," jelas Sabina.

Sementara itu, Chief of Buisness PT LIB, Budiman Dalimunthe juga menegaskan bila VAR yang tersedia saat ini adalah milik PSSI dan PT. LIB selaku induk sepak bola Indonesia.

Artikel Tag: Liga 1, lib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/liga-1-segera-gunakan-var-baru-tiga-stadion-yang-punya-var-room
302  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini