Legenda Jerman Ikut Komentari 'Kasus' Foto Gundogan dan Ozil

Penulis: Febrian Kusuma
Rabu 13 Jun 2018, 06:24 WIB
Legenda Jerman Ikut Komentari 'Kasus' Foto Gundogan dan Ozil

Bierhoff Komentari Skandal Foto Gundogan dan Ozil dengan Erdogan (WorldFootball)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Legenda timnas Jerman, Oliver Bierhoff, ikut mengomentari skandal foto yang melibatkan Ilkay Gundogan dan Mesut Ozil. Ia menilai bahwa kekompakan timnas Jerman di Piala Dunia 2018 bisa terpengaruh oleh skandal foto tersebut.

Dalam beberapa waktu terakhir skandal foto Gundogan dan Ozil terus memicu komentar dari berbagai pihak. Seperti diketahui, kedua pemain timnas Jerman itu kedapatan berfoto dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, ketika melakukan kunjungan kerja di London bulan lalu.

Baik Gundogan dan Ozil memang lahir di Gelsenkirchen, Jerman, namun keduanya juga memiliki keturunan Turki. Hanya saja keputusan mereka untuk berfoto dengan Erdogan menimbulkan dampak yang besar.

Keduanya pun mendapat cemoohan dari fans Jerman saat menjalani laga uji coba melawan Arab Saudi. Selain itu, Kepala Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), Reinhard Grindel juga mengecam tindakan mereka.

Sementara itu, baru-baru ini Bierhoff juga mengungkapkan bahwa hal itu bisa sedikit mempengaruhi kekompakan timnas Jerman di Piala Dunia 2018.

“Jogi [Low] tidak membuat keputusan populis hanya untuk memuaskan seseorang, dia lebih suka melihat pada sisi olahraga,” kata Bierhoff kepada Bild, ketika ditanya soal pengaruh hal itu ke skuat Jerman.

“Tapi [skandal itu] juga bisa menjadi aspek kecil [dalam proses pengambilan keputusan]. Sudah jelas bahwa diskusi tentang integrasi tidak boleh berakhir di sini, dan juga bukan di atas foto itu,”

“Kami harus terus menghadapi masalah ini dan memperhitungkannya. Kami memiliki banyak pemain di akademi kami dengan latar belakang migran. Ini jauh melampaui foto Erdogan,” pungkasnya.

Timnas Jerman sendiri akan memulai perjuangan mereka di Piala Dunia dengan melawan Meksiko di laga pembuka Grup F pada 17 Juni mendatang.

Artikel Tag: Mesut Ozil, Ilkay Gundogan, recep tayyip erdogan, Oliver Bierhoff

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/legenda-jerman-ikut-komentari-kasus-foto-gundogan-dan-ozil
2977  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini