Lamine Yamal Bisa Pecahkan Empat Rekor di Euro 2024

Penulis: Senja Hanan
Minggu 09 Jun 2024, 22:37 WIB
Lamine Yamal Bisa Pecahkan Empat Rekor di Euro 2024

Lamine Yamal Bisa Pecahkan Empat Rekor di Euro 2024

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Spanyol: Penyerang Barcelona, Lamine Yamal akan menjadi pemain yang menonjol untuk tim nasional Spanyol di Euro 2024.

Di usianya yang baru 16 tahun, ia telah memberikan pengaruh yang signifikan dalam olahraga ini karena pada musim 2023/24, ia mencetak tujuh gol dan memberikan sepuluh assist, menjadikannya pemain kunci bagi Barcelona.

Bakat dan potensi Yamal telah memberinya beberapa rekor, termasuk menjadi pemain termuda yang mencetak gol di kualifikasi Kejuaraan Eropa. Menjelang Euro 2024, Yamal berpeluang memecahkan lebih banyak rekor dan berikut beberapa pencapaian yang bisa diraihnya:

Peserta termuda

Saat ini, pemain termuda yang pernah berpartisipasi di Euro adalah Kacper Kozlowski dari Polandia. Kozlowski bermain di Euro 2021 dalam usia 17 tahun 246 hari. Lamine Yamal berpeluang memecahkan rekor tersebut karena pertandingan pertama Spanyol melawan Kroasia pada 15 Juni. 

Yamal masih berusia 16 tahun saat itu, menjadikannya pemain termuda yang pernah berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

Pencetak gol termuda

Pada Oktober 2023, Yamal menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Barcelona pada usia 16 tahun dua bulan.

Dia berpotensi mencetak rekor serupa di Euro dengan menjadi pemain termuda yang mencetak gol di turnamen tersebut. Rekor saat ini dipegang oleh pemain Swiss Johann Vonlanthen, yang berusia 18 tahun 140 hari ketika mencetak gol di Euro 2004.

Jika Yamal mencetak gol, ia akan melampaui rekor tersebut dengan selisih yang signifikan.

Finalis termuda

Jika Spanyol mencapai final dan Yamal bermain, dia bisa menjadi pemain termuda yang pernah bermain di final Euro.

Yamal akan berusia 17 tahun hanya sehari sebelum final, yang berarti dia masih akan lebih muda dari pemegang rekor saat ini, Renato Sanches dari Portugal, yang berusia 18 tahun 11 bulan saat bermain di final Euro 2016.

Pencetak gol termuda di final

Jika Spanyol berhasil mencapai final dan Yamal mencetak gol, ia bisa menjadi pemain termuda yang mencetak gol di final Euro. Rekor saat ini dipegang oleh Pietro Anastasi dari Italia, yang berusia 20 tahun 68 hari saat mencetak gol di final Euro 1968.

Yamal berpeluang memecahkan rekor ini lebih dari tiga tahun. Potensi Lamine Yamal untuk memecahkan rekor ini menyoroti bakat luar biasa dan masa depan cerah di depannya. Sebagai salah satu pemain termuda dan paling menjanjikan di sepak bola, semua mata akan tertuju padanya selama turnamen berlangsung. Penggemar dan analis akan menantikan apakah dia dapat mencapai pencapaian luar biasa ini.

Artikel Tag: Lamine Yamal, EURO 2024, Spanyol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/lamine-yamal-bisa-pecahkan-empat-rekor-di-euro-2024
512  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini