Kondisi Lapangan Untuk Final Copa America Akan Dijamin “Sangat Baik”

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 02 Jul 2024, 20:20 WIB
Bintang Argentina Lionel Messi beraksi dalam salah satu pertandingan di Copa America 2024. (Foto: AP)

Bintang Argentina Lionel Messi beraksi dalam salah satu pertandingan di Copa America 2024. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Badan sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) menegaskan bahwa permukaan lapangan Hard Rock Stadium akan berada dalam kondisi sangat baik untuk pertandingan final Copa America pada 14 Juli mendatang.

Hal ini diutarakan di tengah-tengah keluhan selama penyisihan grup mengenai rumput di lapangan lain yang digunakan untuk turnamen tersebut.

Permukaan rumput di stadion NFL's Dolphins di Miami Gardens itu dicabut pada hari Minggu (3/6) untuk konser tanggal 6 Juli yang menampilkan artis Kolombia, Feid. Pemasangan permukaan rumput baru akan dimulai pada 8 Juli dan diharapkan selesai empat hari sebelum babak final Copa America.

"Kami berharap rumput ini dalam kondisi yang sangat baik," kata Maristela Kuhn, insinyur pertanian CONMEBOL dan koordinator proyek rumput Copa America 2024, pada hari Senin (1/7). "Kondisi yang sama seperti saat pertandingan pertama."

Ada sepasang pertandingan putaran pertama di Hard Rock. Uruguay mengalahkan Panama 3-1 pada 23 Juni dan Argentina mengalahkan Peru 2-0 pada hari Sabtu (29/6).

Kuhn berbicara kepada The Associated Press setelah konferensi pers di mana ia dan pejabat CONMEBOL lainnya menjelaskan bahwa Miami akan menjadi satu-satunya stadion yang akan mengalami perubahan pada rumputnya. Pergantian tersebut direncanakan sebelum dimulainya turnamen karena adanya konser.

Setelah juara bertahan Argentina mengalahkan Kanada pada pertandingan pembuka 20 Juni di Stadion Mercedes-Benz Atlanta, kedua tim mengkritik lapangan rumput yang menggantikan rumput sintetis biasa. Kiper Argentina, Emiliano Martínez, menyebut lapangan tersebut sebagai "bencana". Pemain bek Kanada, Kamal Miller, mengatakan bahwa lapangan tersebut tampak hampa.

Setelah kemenangan 4-1 Brasil atas Paraguay di Stadion Allegiant di Las Vegas pada hari Jumat, Vinicius Junior dari Brasil mengatakan bahwa Copa America "selalu sulit karena lapangan."

Para pejabat CONMEBOL mengatakan bahwa keluhan-keluhan tersebut disebabkan oleh tampilan visual dari lapangan. Di beberapa bagian lapangan, ujung-ujung rumpun rumput terlihat namun tidak ada perbedaan tingkat, kata para pejabat. Di Stadion MetLife di East Rutherford, New Jersey, terdapat bercak-bercak coklat di sepanjang pinggir lapangan.

"Estetika dapat memberikan persepsi yang salah," kata Frederico Nantes, direktur kompetisi dan operasi CONMEBOL. Ia menjelaskan bahwa tes dilakukan sebelum dan sesudah pertandingan untuk mengevaluasi lapangan dan bagaimana bola bergerak dan dipukul, dan ia mencatat bahwa semuanya memiliki hasil yang baik.

Pada pertandingan kedua yang diadakan di Atlanta, sambungan-sambungan rumput tidak lagi terlihat, dan karena penampilannya membaik, tidak ada yang membicarakan stadion tersebut, kata Kuhn.

Stadion Miami mempertahankan permukaan rumput sepanjang musim NFL, tetapi enam dari 14 stadion yang digunakan dalam turnamen ini memiliki lapangan rumput yang dipasang di atas permukaan buatan. Lapangan-lapangan tersebut juga sedikit lebih kecil dari standar internasional, yaitu 100 kali 64 meter (109 kali 70 yard), bukan 105 kali 68 meter (115 kali 74 yard).

Delapan dari stadion-stadion di tersebut merupakan tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2026 dan renovasi telah direncanakan untuk membuat lapangan-lapangan tersebut menjadi lebih besar dalam waktu dua tahun. Untuk Piala Dunia, FIFA biasanya mengambil alih kendali atas stadion-stadion tersebut sekitar satu bulan sebelumnya.

Para pejabat CONMEBOL mengatakan bahwa proses pemasangan lapangan sementara untuk Copa America telah dimulai setahun yang lalu. Rumput yang ditanam di tempat pembibitan yang dipilih secara khusus direkatkan pada lapisan plastik yang menempel pada permukaan lapangan.

Rumput tersebut diangkut dengan truk dan ditempatkan melalui proses yang mempertimbangkan setiap detail, mulai dari penyiraman, sinar matahari, hingga di mana truk-truk tersebut melintas dan menurunkannya di lapangan, kata organisasi tersebut.

Hampir 1 juta orang akan menghadiri pertandingan penyisihan grup Copa America. Pertandingan yang paling banyak dihadiri adalah pertandingan Argentina melawan Chili yang menarik 81.106 penonton di MetLife, tempat final Piala Dunia 2026. Empat puluh persen dari pertandingan penyisihan grup terjual habis.

Artikel Tag: Copa America

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/kondisi-lapangan-untuk-final-copa-america-akan-dijamin-sangat-baik
762  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini