Keputusan Luis Milla Ubah Formasi Dasar Persib Berbuah Manis

Penulis: M. Aldi
Senin 05 Sep 2022, 09:00 WIB
Keputusan Luis Milla mengubah formasi Persib menjadi 3-4-3 berbuah manis

David da Silva ketika dibayangi bek RANS

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Sentuhan Luis Milla akhirnya bisa mengantarkan Persib Bandung merengkuh kemenangan. Formasi baru yang diterapkan berjalan mulus karena tim lawan dibuat sulit mengembangkan permainan.

Sang pelatih menilai anak asuhnya di babak pertama bisa memainkan sepakbola yang apik. Bukan hanya bisa mencuri dua gol melalui David da Silva dan Ciro Alves, tapi tim tamu tidak punya celah untuk melancarkan serangan.

"Mengenai pertandingan, pada babak pertama tim bermain dengan sangat baik. Mereka menutup ruang bagi lawan dan RANS tidak punya ruang untuk mengembangkan permainannya. Saya merasa sangat senang," kata Luis Milla dalam jumpa pers usai laga.

Namun memang performa anak asuhnya belum stabil selama pertandingan. Selepas turun minum, ada penurunan level permainan yang membuat RANS bisa memperkecil kedudukan. Menurutnya pemain harus lebih bertahan dengan baik.

"Tetapi di babak kedua tim harus lebih tenang dan lebih banyak memainkan bola di wilayah pertahanan. Tidak hanya bertahan tanpa bola. Tapi saya tetap senang dengan tiga poin yang kami dapatkan di pertandingan ini," ujarnya.

Dia juga secara mengejutkan memainkan formasi 3-4-3 di laga ini. Pertimbangan menurunkan tiga bek tengah ialah menambah jumlah pemain di jantung pertahanan agar angka kebobolan bisa ditekan.

"Tim memiliki masalah dengan pertahanan, dan kami ingin lebih aman di barisan belakang. Jadi saya memilih untuk memainkan tiga bek tengah, dan mereka juga ditopang dua wing back, Henhen dan Zalnando," jelas dia.

Persib memang sebelumnya sudah kemasukan 18 kali dari 7 laga yang dimainkan. Angka tersebut begitu banyak untuk ukuran tim dengan target menjadi juara. Akhirnya Rachmat Irianto, Nick Kuipers dan Daisuke Sato ditempatkan sang pelatih sebagai trio bek tengah.

"Dengan begitu, kami lebih aman di jantung pertahanan, karena ada Nick, Sato dan Irianto. Tim kebobolan banyak gol pada beberapa laga terakhir jadi kami harus sebisa mungkin membenahinya dan itu adalah hal yang penting," ujar dia.

Hasil positif ini juga bagus untuk psikologis pemainnya usai mendapat dua kekalahan beruntun. Poin penuh memacu anak asuhnya untuk terus membenahi posisi klasemen liga dan lebih percaya diri menatap pertandingan di depan.

"Saya senang dengan penampilan dari para pemain, mereka sedang berada dalam situasi yang buruk dan kepercayaan diri yang rendah. Mereka butuh kemenangan dan ini tiga poin penting untuk mendongkrak kepercayaan diri mereka. Saya senang karena pemain menunjukan usaha besar serta bekerja keras," pungkasnya.

Artikel Tag: Persib, Luis Milla, RANS

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/keputusan-luis-milla-ubah-formasi-dasar-persib-berbuah-manis
612  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini