Kemenangan Bukan Prioritas Persib Selama Agenda Pramusim

Penulis: M. Aldi
Senin 24 Feb 2020, 08:30 WIB
Kemenangan Bukan Prioritas Persib Selama Agenda Pramusim

Zulham Zamrun ketika berdeul dengan Abduh Lestaluhu di laga uji coba

Berita Liga 1 Indonesia: Rentetan hasil positif didapat oleh Persib di masa pramusim jelang kompetisi 2020. Tercatat skuat asuhan Robert Rene Alberts cuma kalah di awal saat menghadapi Selangor FA.

Berikutnya kemenangan-kemenangan terus didapat oleh Persib di pramusim. Memang hanya di akhir, mereka dipaksa hanya bermain imbang melawan Persikabo. Namun demikian, Robert Rene Alberts tidak peduli dengan hasil akhir laga di pre-season.

"Di masa pramusim, hasil di uji coba bukan yang dicari. Semua harus diedukasi, Saat pramusim yang dicari ialah perkembangan dari pemain, perkembangan stamina mereka, dan mencari formula tim sepert formasi," kata Robert ketika diwawancara.

Menurut dia, insan sepak bola Indonesia salah kaprah menyikapi agenda pramusim terutama yang berbentuk turnamen. Seharusnya, klub tidak perlu dituntut untuk menang karena tujuan kegiatan pramusim adalah membentuk tim, bukan menjadi pemenang.

"Tapi ada banyak orang yang lebih menuntut hasil di pramusim. Jika kalian lihat di negara yang sudah lebih maju, mereka tak fokus pada hasil tetapi fokus membawa tim kembali ke jalurnya, memadukan pemain baru untuk menyatu dengan sistem," ujarnya.

Robert pun menerapkan kebijakan itu di Persib. Bagaimana awak Maung Bandung lebih difokuskan untuk membangun chemistry pada pramusim. Selain dirinya pun menguji beberapa eksperimen baru untuk diterapkan di kompetisi.

"Sekarang fokus kami lebih kepada perkembangan tim dan ketika liga dimulai, hasil bagus akan datang. Jadi andai kami menang dua kali beruntun di uji coba, bagi saya itu tidaklah penting, yang penting adalah perkembangan tim," jelas Robert.

Dirinya tidak ingin stamina dan mental pemain terkuras ketika pramusim dan kehabisan bensin di tengah-tengah liga. Sehingga Robert lebih condong membentuk harmonisasi tim, baik di dalam maupun luar lapangan dan kini hasilnya positif.

"Jadi soal hasil, saya tidak melihat itu, kemenangan hanyalah bonus dari apa yang sudah kami kerjakan. Kami ingin memenangi setiap pertandingan tapi perkembangan tim menjadi prioritas," tutup pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Bandung

382  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini