Kandaskan Persib, Persija Jadi Juara Piala Menpora 2021

Penulis: M. Aldi
Minggu 25 Apr 2021, 23:00 WIB
Pemain Persib, Esteban Vizcarra ketika mengejar Marco Motta

Marco Motta ketika dibayangi Esteban Vizcarra (Foto : Liga Indonesia Baru)

Berita Liga 1 Indonesia : Persija Jakarta keluar sebagai juara Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Persib Bandung. Dalam laga final leg kedua yang digelar di Stadion Manahan, Minggu (25/4) ini Macan Kemayoran unggul 2-1 dan kemenangan agregatnya adalah 4-1.

Memiliki misi mengejar defisit dua gol, Persib dihadapkan pada situasi tidak turun full team. Nick Kuipers dan Febri Hariyadi absen karena akumulasi kartu. Sedangkan di pihak lainnya, Otavio Dutra dan Yann Motta sudah bisa diturunkan sebagai duet di jantung pertahanan.

Maung Bandung memulai laga dengan memegang penguasaan bola untuk mengurung tim lawan. Namun pasokan serangan mentok di tengah karena Macan Kemayoran bermain dengan disiplin agar tidak ada peluang berbahaya yang datang ke gawang.

Malah peluang hadir lebih dulu di gawang I Made Wirawan di menit 20. Osvaldo Haay menerobos pertahanan dan melepaskan umpan silang ke tiang jauh. Riko Simanjuntak yang berdiri tanpa kawalan melepaskan diving header namun arah bolanya tidak menemui sasaran.

Petaka datang di menit 21 untuk Maung Bandung karena Bayu Fiqri dikartu merah. Dia menerima kartu kuning kedua usai melanggar Marco Motta dengan keras. Esteban Vizcarra pun dikorbankan untuk digantikan oleh Ardi Idrus agar barisan pertahanan tidak bocor.

Keunggulan jumlah pemain dan margin dua gol membuat skuat asuhan Sudirman bermain dengan tenang dan banyak memainkan bola di belakang. Sebaliknya Dedi Kusnandar yang kawan-kawan menunggu di area pertahanan sendiri sehingga membuat laga berjalan monoton di babak pertama.

Selepas turun minum Robert Rene Alberts mencoba melakukan perubahan dari timnya. Henhen Herdiana dan Wander Luiz ditarik keluar pada pergantian babak. Supardi dan Ferdinand Sinaga yang menjadi pengganti dari kedua pemain tersebut.

Namun pergantian pemain malah berbuntut musibah bagi anak-anak Bandung. Osvaldo Haay mencetak gol menerima assist dari Riko Simanjuntak. Memenangi duel udara dengan Ardi Idrus, operannya dituntaskan dengan tendangan akurat kaki kiri.

Harapan sempat hadir bagi Persib di menit 83 saat Ferdinand Sinaga mencetak gol. Hadiah tendangan bebas diberikan oleh wasit ketika Erwin Ramdani dijatuhkan di dekat kotak penalti dan Ferdinand melepas tendangan jitu untuk mengoyak gawang Persija. Ini menjadi gol keduanya di Piala Menpora 2021.

Maju menyerang untuk mengejar defisit gol, Maung Bandung merelakan lini pertahannya bolong. Situasi itu dihukum oleh Riko Simanjuntak untuk mencetak gol. Assist Haay diterima olehnya dan dengan dingin menaklukkan I Made Wirawan

Gol Riko memastikan kemenangan agregat Persija 4-1 serta mengunci trofi juara Piala Menpora 2021. Sedangkan hasil kekalahan ini membuat tim asuhan Robert Rene Alberts harus puas menutup turnamen sebagai runner up.

Artikel Tag: Persib, Persija, Piala Menpora

768  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini