Juarai Turnamen Jenesys, Timnas U-16 Incar Tiket ke Piala Dunia U-17

Penulis:
Selasa
Juarai Turnamen Jenesys, Timnas U-16 Incar Tiket ke Piala Dunia U-17

Timnas Indonesia merayakan keberhasilan meraih gelar juara Turnamen Jenesys/foto pssi

Berita Timnas Indonesia: Sukses menjadi yang terbaik pada turnamen Jenesys di Jepang memacu optimisme skuat Garuda Asia untuk bisa menembus putaran final Piala Dunia U-17 2019. Untuk bisa merealisasikan target tersebut, Timnas U-16 minimal harus bisa menembus babak semifinal Piala Asia U-16 yang akan dilaksanakan di Malaysia pada 20 September hingga 7 Oktober mendatang.

Tim asuhan Fakhri Husaini sendiri menyegel gelar juara pada turnamen Jenesys, setelah menaklukkan Vietnam U-16 1-0 pada laga final di Lapangan Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Senin (12/3).

Gol semata wayang tim Garuda Asia dicetak oleh Rendy Juliansyah dari titik putih penalti. Hadiah penalti didapat Indonesia atas pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu pemain Vietnam di kotak terlarang. Pemain bernomor punggung 10 itu tidak menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan. Dengan percaya diri Rendy menceploskan bola ke gawang lawan pada menit ke-64.

Sukses Sutan Zico, dan kawan-kawan dalam merebut gelar juara seakan menjadi puncak penampilan Timnas Indonesia U-16 pada turnamen yang diikuti 11 negara tersebut. Sebelum ke final, Garuda Asia bahkan sukses menekuk salah satu negara kuat Asia yang juga bertindak sebagai tuan rumah, yaitu Jepang.

Melihat pencapaian tim asuhannya tersebut, Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini tidak menutupi rasa bangganya dan menyebut hasil yang diraih adalah buah dari kerja keras seluruh pemain sepanjang turnamen.

"Cukup membanggakan. Ini juga berkat dukungan dan doa masyarakat Indonesia. Tentu saja kerja keras para pemain selama pemusatan latihan sampai pertandingan di Jenesys. Para pemain bermain tidak ada takutnya. Semua lawan dihadapi dengan gagah berani," jelas Fakhri seperti dilansir situs resmi PSSI.

Menurut Fakhri evaluasi tetap dilakukan karena turnamen ini merupakan target antara menuju Piala AFF U16 dan Piala Asia U-16. "Tentu target besar kita lolos ke Piala Dunia U17 tahun 2019 dengan syarat lolos ke semifinal Piala Asia U16," kata Fakhri.

Ditambahkan, hasil ini diharapkan bisa mengangkat moral dan motivasi pemainnya. Hasil ini juga menjadi tonggak kebangkitan sepak bola Indonesia di pembinaan usia muda. Dalam turnamen ini, salah seorang pemain andalan Garuda Asia, David Maulana sukses menyabet  penghargaan sebagai pemain terbaik.

Artikel Tag: Berita Timnas Indonesia, timnas u-16. fakhri husaini, turnamen Jenesys, Piala Dunia U-17

163