Joko Ribowo Aplikasikan Ilmu Kepelatihan di Akademi Sepak Bola Milikinya

Penulis: Dayat Huri
Kamis 26 Nov 2020, 11:00 WIB
Kiper PSIS Semarang, Joko Ribowo

Kiper PSIS Semarang, Joko Ribowo/foto dok PSIS

Berita Liga 1 Indonesia: Setelah resmi mengantongi lisensi kepelatihan C AFC, kiper PSIS Semarang, Joko Ribowo akan langsung mengaplikasikan ilmu yang ia dapat di akademi Joko Ribowo Football Academy (JRFA) miliknya.

Mengembangkan Sekolah Sepak Bola (SSB) yang terletak di kampung halamannya, Pati tersebut memang salah satu alasannya mengambil lisensi C. Joko Ribowo ingin menjadikan JRFA lebih modern, sehingga nantinya dapat menghasilkan pesepak bola profesional di kancah nasional mau pun internasional.

"Saya juga punya akademi sehingga sangat bagus untuk saya sebagai pembina akademi di JRFA. Sangat bermanfaat juga buat adik-adik kampung. Nanti akan saya aplikasikan tentang filanesia ini supaya bermanfaat buat adik-adik," jelasnya seperti dilansir laman resmi PSIS Semarang.

Kiper 31 tahun itu sendiri sebelumnya mengikuti kursus kepelatihan C AFC di Jakarta pada 7–18 November 2020 lalu. Di situ, dia mendapatkan ilmu secara langsung dari beberapa tokoh pelatih kenamaan di Indonesia.

Ia pun merasa bersyukur atas pencapaiannya tersebut. Terlebih saat ini ia masih aktif di dunia sepak bola profesional sehingga ilmunya bisa diterapkan langsung di sebuah pertandingan.

"Alhamdulillah lisensi C kemarin berjalan lancar di Jakarta. Mungkin ini sangat bermanfaat buat saya sebagai pemain aktif di kompetisi profesional karena sudah dapat ilmu baru sepak bola modern," ujarnya.

"Bagaimana kami sebagai pemain tahu posisi, tahu bagaimana cara meminta bola, mengatasi masalah di lapangan. Alhamdulillah sekali lagi ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pesepak bola yang masih aktif," pungkasnya.

Penghentian Liga 1 memang cukup banyak dimanfaatkan para pemain senior untuk mengikuti kursus kepelatihan. Selain Joko Ribowo, juga ada duo Barito Putera Aditya Harlan dan Rizky Pora yang ikut kursus lisensi kepelatihan.

Artikel Tag: Joko Ribowo, PSIS Semarang, Liga 1

583  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini