Javier Roca Ungkap Alasannya Melakukan Tes Kinetik Ketimbang Tes VO2 Max

Penulis: Dayat Huri
Kamis 29 Sep 2022, 13:00 WIB
Pelatih Arema FC, Javier Roca

Pelatih Arema FC, Javier Roca/foto dok Arema FC

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Pelatih Arema FC, Javier Roca memilih melakukan tes kinetik untuk melihat kesiapan fisik pemainnya jelang kembali mengarungi lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023. Apa yang dilakukan tim berjuluk Singo Edan terbilang cukup menarik karena biasanya, klub-klub lebih cenderung melakukan tes VO2 Max untuk memantau kondisi pemain.

Menurut Javier Roca, tes VO2 Max tidak tepat jika digelar di tengah musim. Sebab, tes itu membutuhkan waktu dan hasilnya tidak akan maksimal ketika para pemain dalam situasi sedang berkompetisi.

"Tes VO2 Max butuh dua hari. Sebelum tes butuh rest, setelah test juga butuh rest. Bukan rest tidak latihan, tetapi latihannya ringan untuk kita dapat hasil maksimal. Kalau di tengah jalan susah," kata pelatih asal Chile itu seperti dilansir laman resmi klub.

Sementara, tes kinetik dilakukan untuk mengukur kekuatan otot, kadar lemak, dan beberapa kriteria lain. Tes ini tidak butuh waktu lama, namun secara hasil ada banyak aspek positif yang bisa diambil tim pelatih.

Menurut video analis Arema FC, F.X Yanuar, hasil tes kinetik bisa dipakai untuk deteksi awal cedera pemain. Hal ini penting karena Arema FC acap kali dipusingkan dengan cedera otot para pemain pada awal musim ini.

"Kita mau injury preventif. Kan ada tes keseimbangan penggunaan kaki kanan dan kiri, ada lompatan juga supaya kita tahu bisa balance. Jangan sampai pemain kaki kanan saja yang kuat tapi kaki kiri jadi beban lalu cedera," kata Yanuar.

Selain itu, tes kinetik juga menjadi salah satu patokan ada di mana level sepak bola yang bisa dimainkan para pemain. Dia memberi contoh bahwa otot hamstring para pemain di Premier League mampu mengangkat beban sampai 400 newton.

"Di Indonesia rata-rata 335-350 newton. Dari data tersebut, kita bisa tahu bahwa kalau kita mau bermain di sana, gap-nya kejauhan jadi kita harus mengejar itu untuk bisa sampai ke sana," pungkasnya.

Artikel Tag: javier roca, Liga 1, arema fc

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/javier-roca-ungkap-alasannya-melakukan-tes-kinetik-ketimbang-tes-vo2-max
623  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini