Ini Calon Penerus Toncip di Tim Persija Jakarta

Penulis: Dayat Huri
Kamis 04 Jun 2020, 13:30 WIB
Ini Calon Penerus Toncip di Tim Persija Jakarta

Alfath Fathier/foto dok Persija

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Kemampuan bermain di beberapa posisi menjadi salah satu hal penting yang mesti dimiliki pemain sepak bola. Di tim Persija Jakarta, ada nama Tony Sucipto sebagai pemain yang kerap dimainkan di sejumlah posisi berbeda. Dan bek sayap Alfath Fathier berpeluang menjadi penerus pemain yang karib disapa Toncip itu.

Semenjak musim 2019 lalu, Toncip memang memiliki peran cukup vital di tim Persija Jakarta. Ia telah mencatatkan total 34 penampilan di Liga 1. Uniknya, eks pemain Persib Bandung itu tidak hanya dipasang untuk satu posisi saja melainkan di beberapa posisi berbeda, seperti bek sayap kiri atau kanan, bek tengah, serta gelandang.

Kemampuan Toncip bermain fleksibel itu yang coba diadopsi Alfath Fathier demi mengejar menit bermain di Persija Jakarta. Apalagi menempati posisi berbeda bukan hal baru bagi eks pemain Madura United itu. Ia sempat dimainkan sebagai penyerang sayap, bek sayap, dan juga gelandang.

"Posisi awal Alfath sebenarnya bermain di penyerang sayap. Namun saya sempat bermain di posisi gelandang saat usia muda dahulu," katanya, seperti dilansir laman resmi Persija Jakarta.

Saat memperkuat Persiba Balikpapan di bawah komando Timo Scheunemann, Alfath kemudian mulai dipasang sebagai bek sayap kanan yang kini jadi posisi utamanya.

"Saya ditempatkan di posisi bek sayap dan itu tidak jadi masalah. Apalagi sistem bermain posisi penyerang sayap maupun bek sayap hampir sama. Mungkin presentasenya aja berbeda. Saat jadi bek sayap bertahannya lebih dikuatkan 60 persen. Begitu pun sebaliknya," tambahnya.

Bersama Madura United musim lalu, ia beberapa kali juga pernah dicoba menempati beberapa posisi tak biasa terutama pada musim lalu. Transfermarkt mencatat, Alfath Fathier sempat dipasang di winger kiri, dua kali jadi winger kanan, dua kali jadi gelandang bertahan, dan sekali sebagai gelandang tengah.

"Sekali lagi tidak ada perbedaan bermain di mana pun. Baik di posisi bek sayap kiri maupun kanan ataupun sayap sejatinya sama tinggal menyesuaikan saja dan mendengarkan apa intruksi dari pelatih," pungkasnya.

Artikel Tag: Liga 1, persija jakarta, Alfath Fathier, Tony Sucipto

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ini-calon-penerus-toncip-di-tim-persija-jakarta
2298  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini