Impian Timnas Indonesia di Piala AFF Kembali Sirna

Penulis: Dayat Huri
Selasa 10 Jan 2023, 07:30 WIB
Pemain bertahan timnas Indonesia, Jordi Amat mencoba menghentikan pemain Vietnam

Pemain bertahan timnas Indonesia, Jordi Amat mencoba menghentikan pemain Vietnam/foto dok Piala AFF

Ligaolahraga.com -

Berita Piala AFF: Impian timnas Indonesia untuk dapat merengkuh trofi juara Piala AFF kembali sirna. Hal itu dipastikan setelah skuat Garuda dipaksa menelan kekalahan 0-2 dari Vietnam pada pertandingan leg kedua semifinal yang berlngsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1) malam WIB.

Wajib menang atau bermain imbang dengan mencetak gol, setelah di pertandingan leg pertama bermain imbang 0-0, Shin Tae-yong kembali memainkan skema 5-4-1. Serangan balik coba diandalkan pelatih asal Korea Selatan untuk dapat mengancam lini pertahanan tuan rumah.

Sayang, strategi yang disiapkan Shin Tae-yong sulit diterapkan, setelah pada Vietnam berhasil mencetak gol cepat ke gawang timnas Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata pada menit ke-3' melalui tendangan jarak dekat Nguyen Tien Linh. Menerima umpan panjang dari lini pertahanan, penyerang dengan nomor punggung 22 itu lebih cepat dibandingkan dua centre back skuat Garuda, Jordi Amat dan Rizky Ridho untuk membawa timnya unggul 1-0.

Kebobolan cepat membuat permainan skuat Garuda menjadi tidak menentu. Sejumlah kesalahan passing membuat Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan sulit menembus pertahanan ketat Vietnam.

Sampai paruh pertama berakhir, tidak shot on target yang mampu dicatatkan tim asuhan Shin Tae-yong untuk dapat membalas ketertinggalan. Alhasil, paruh pertama ditutup dengan skor 0-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Keluar dari kamar ganti, skuat Garuda masih cukup kesulitan untuk membongkar pertahanan tim asuhan Park Hang-seo itu. Justru gawang Nadeo Argawinata yang harus kembali kebobolan di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-47'. Nguyen Tien Linh kembali jadi aktornya, kali ini sundulannya menyambut tendangan sudut Do Hung Dung membawa Vietnam unggul 2-0.

Tertinggal dua gol, timnas Indonesia berupaya untuk mencari gol balasan. Sejumlah pergantian pun coba dilakukan Shin Tae-yong. Namun sampai pertandingan berakhir tidak ada gol balasan yang mampu diciptakan. Skuat Garuda takluk 0-2 dan impian untuk memutus kutukan juara Piala AFF harus kembali sirna.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Piala AFF, Shin Tae-Yong, Vietnam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/impian-timnas-indonesia-di-piala-aff-kembali-sirna
413  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini