Imbang 3-3 Lawan Bayern, Ajax Lolos Ke Fase Sistem Gugur Liga Champions Sebagai Runner-up Grup

Penulis: Vincent Asido
Kamis 13 Des 2018, 09:28 WIB
Imbang 3-3 Lawan Bayern, Ajax Lolos Ke Fase Sistem Gugur Liga Champions Sebagai Runner-up Grup

Lewandowski berhasli mencetak gol pertama Bayern saat hadapi Ajax (Sumber: L'Equipe)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Champions: Ajax Amsterdam berhasil menahan imbang Bayern Munich dengan skor 3-3 dalam laga mendebarkan yang tersaji di Johan Cruyff Arena pada Kamis dini hari WIB tadi. Hasil ini membuat Ajax harus puas melaju ke fase sistem gugur Liga Champions sebagai runner-up grup.

Dengan kedua tim sudah dipastikan lolos ke babak selanjutnya, pertandingan di Amsterdam tadi malam dilihat kedua belah pihak sebagai laga untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara grup. Membutuhkan kemenangan, Erik ten Hag pun memasukan Hakim Ziyech yang telah pulih dari cedera dalam starting line-up skuat asuhannya.

Sementara itu Max Wober diplot oleh Ten Hag bermain di sektor pertahanan untuk mengambil alih peran Daley Blind, yang kali ini bermain di lini tengah untuk mengisi peran Lasse Schone. Pertandingan pun dimulai lewat permainan terbuka di mana Andre Onana dipaksa harus menahan serangan Serge Gnabry dalam mencetak gol lewat sepakan kerasnya. Di sisi lain upaya Donny van de Beek harus diselamatkan oleh Manuel Neuer.

Pada menit ke 13, Bayern berhasil memimpin laga lewat kaki Robert Lewandowski yang mendapatkan ruang bebas di kotak penalti Ajax setelah menerima umpan datar Gnabry untuk menaklukan Onana. Onana sendiri kembali membuat penyelamatan gemilang lainnya dalam menahan sontekan Lewandowski yang sudah berhadapan dengan dirinya di depan gawang.

Sementara itu, wasit menolak untuk memberikan penalti kepada Ajax setelah Daley Blind didorong oleh Jerome Boateng di kotak penalti. Ajax berusaha menekan Bayern di awal babak kedua dan pada menit ke-61 gol penyeimbang itu pun datang. Hakim Ziyech mammpu memberikan umpan terobosan kepada Van de Beek yang diteruskan kembali lewat umpan silangnya ke mulut gawang Neuer untuk dikonversikan dengan baik oleh Dusan Tadic.

Enam menit setelah gol tersebut, Ajax harus mendapat pukulan ketika Wober diganjar wasit dengan kartu merah secara langsung karena hadangan sembrononya terhadap Goretzka. Namun, Bayern pun harus mendapatkan kartu merah ketika Thomas Muller melakukan tendangan tinggi ke arah kepala Nicolas Tagliafico pada menit ke-75.

Ten Hag pun lalu memasukan Kasper Dolberg dan pemain asal Denmark itu berhasil membuat dampak signifikan dengan memberikan Ajax penalti setelah pelanggaran dibuat Boeteng. Dan Tadic, yang menjadi eksekutor tendang penalti tersebut, tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memberikan keunggulan kepada timnya menjadi 2-1 pada menit ke-82.

Sayangnya keunggulan tersebut tidak bertahan lama lantaran Tagliafico menjatuhkan Thiago Alcántara di kotak penalti dan Lewandowski pun mampu menyamakan kedudukan dari penalti yang dihasilkan timnya pada menit ke-87.

Dan Kingsley Coman tampaknya bakal memberikan kemenangan bagi Bayern ketika ia berhasil memberikan gol ketiga bagi tim tamu pada menit ke-90. Namun saat laga sudah memasuki injury time, Tagliafico justru mampu menyamakan kedudukan setelah menerima umpan Huntelaar di menit ke-95.

Dengan hasil imbang tersebut maka berarti Bayern Munich tetap berada di puncak Grup E dan Ajax hanya bisa finis di peringkat kedua. Namun demikian tim raksasa Belanda itu tetap tak terkalahkan dalam kompetisi Liga Champions sejauh ini dan anak-anak asuhan Erik ten Hag harus menunggu siapa yang akan menjadi calon lawan mereka di babak 16 besar lewat undian yang akan dilaksanakan pada hari Senin depan.

Artikel Tag: Ajax Amsterdam, Bayern Munich, liga champions

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/imbang-3-3-lawan-bayern-ajax-lolos-ke-fase-sistem-gugur-liga-champions-sebagai-runner-up-grup
515  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini