Hasil TSC A 2016: Ditahan Imbang Persela, Semen Padang Gagal Putus Kutukan Laga Tandang

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 08 Okt 2016, 19:59 WIB
Hasil TSC A 2016: Ditahan Imbang Persela, Semen Padang Gagal Putus Kutukan Laga Tandang

Hengki Ardiles Gagal Hantarkan Timnya Raih Kemenangan Tandang Perdana

Ligaolahraga – Semen Padang kembali gagal memutus kutukan tidak pernah menang di laga tandang Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, setelah bermain imbang tanpa gol kontra Persela Lamongan di Stadion Gajayana, Malang, Sabtu (8/10) sore.

Pada pertandingan tersebut, Kabau Sirah (julukan Semen Padang) harus mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain, setelah Handi Ramdhan diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua di menit 47.

Selalu gagal memetik tiga poin pada 11 pertandingan tandang sebelumnya, Nilmaizar mencoba melakukan beberapa perubahan di timnya saat menghadapi tim juru kunci Laskar Joko Tingkir (julukan Persela Lamongan). Apabila pada pertandingan-pertandingan sebelumnya, Nil selalu setia dengan pakem 4-4-2 atau 4-4-1-1, kali ini Nil mencoba menerapkan formasi bebrbeda, yaitu 4-2-3-1.

Riko "Ucok" Simanjuntak yang sebelumnya selalu mengisi sisi kanan Semen Padang coba dicanangkan Nil dengan menggeser M Nur Iskandar untuk bermain di sisi kanan dan meninggalkan Marcel Silva Sacramento sebagai penyerang tunggal. Vendry Mofu juga dikorbankan mantan Pelatih Timnas Indonesia itu dan menduetkan Rudi dan Muamer Svarka di sektor gelandang bertahan, sementara rekrutan anyar Lee Gill Hoon di dapuk sebagai metronom dan pengatur serangan dari lini kedua.

Beberapa perubahan tersebut awalnya mampu menghidupkan permainan Kabau Sirah, bahkan baru dua menit pertandingan berlangsung, peluang pertama langsung didapat melalui aksi Lee Gill Hoon yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola rebond gagal dimanfaatkan Nu Iskandar dan juga Marcel yg tendangannya masih menyanping di sisi gawang.

Tuan rumah mencoba membalas melalui Dendi Sulistyawan empat menit berselang, lepas dari kawalan pemain belakang tim tamu, penyerang muda tersebut mampu melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Namun, Rivky Mokodompit yang dipercaya menggantikan Jandia Eka Putra mampu menyelamatkan gawangnya dengan baik.

Semen Padang yang bertekad memutus kutukan tidak pernah menang di laga tandang, mampu tampil lebih menekan dengan kombinasi umpan-umpan pendek. Menit 27, umpan manis Muamer ke arah Irsyad masih gagal membobol gawang Persela, setelah tendangan pemain nomor punggung 88 masih membentur mistar dan bola liar gagal dimanfaatkan Marcel.

Persela sendiri lebih banyak mengandalkan serangan secara sporadis ke lini pertahanan Semen Padanga, dua peluangg berhasil diciptakan tuan rumah melalui aksi gelandang asal Brazil, Gustavo. Namun, kedunya masih belum membuahkan hasil, dimana peluang pertama masih menyamping dan peluang kedua mampu ditepis Rivky.

Sampai paruh pertama berakhir, kedua tim sama-sama tidak mampu menciptakan gol dan skor kacamata mkengantar kedua tim ke ruang ganti.

Memasuki paruh kedua, sebenarnya Kabau Sirah tetap konsisten dengan permain umpan-umpan pendeknya. Namun, dua menit babak kedua berjalan, Handi melakukan kesalahan dengan melanggar Gustavo, sehingga memaksa wasit memberikan kartu kuning kedua kepada Handi.

Kehilangan salah seorang pemain belakangnya, Nil harus mengorbankan Irsyad Maulana untuk kemudian digantikan Agung Prasetyo untuk menemani Cassio Fransisco de Jessus di jantung pertahanan.

Unggul jumlah pemain membuat semangat anak-anak Persela Lamongan terlecut dan lebih gencar melancarkan serangan ke lini pertahanan tim tamu. Semen Padang sendiri, dengan kehilangan Handi Ramdhan, hanya bisa mengandalkan serangan balik untuk mencuri gol. Beberapa peluang sebenarnya mampu diciptakan tuan rumah, beruntung penampilan apik yang ditunjukkan Rivky mampu menjaga keperawanan gawangnya.

Penampilan Rivky juga tidak lepas dari lugasnya permainan Cassio dalam mengawal para penyerang tuan rumah. Sampai waktu 90 menit, skor imbang untuk kedua tetap tidak berubah.

Tambahan satu poin membuat tim asuhan Nilmaizar masih tertahan di peringkat enam klasemen sementara dengan raihan 32 poin dari 22 pertandingan. Sementara Persela Lamongan, tambahan satu poin membawa Dendi Sulistyawan naik satu strip ke peringkat 17 dengan poin 17.

Artikel Tag: hasil tsc a 2016, Semen Padang, Nilmaizar, Persela Lamongan, Aji Santoso

964  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini