Gundogan Beberkan Filosofi Permainan Jurgen Klopp di Dortmund

Penulis: Febrian Kusuma
Minggu 05 Apr 2020, 17:15 WIB
Gundogan Beberkan Filosofi Permainan Jurgen Klopp di Dortmund

Jurgen Klopp dan Ilkay Gundogan (Reuters)

Berita Liga Jerman: Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan baru-baru ini mengenang kebersamaannya dengan Jurgen Klopp di Borussia Dortmund. Ia pun tak segan untuk mengungkapkan filosofi permainan Klopp ketika menangani Die Borussian.

Gundogan bergabung bersama Dortmund pada tahun 2011 yang lalu, setelah tiga musim sebelumnya bermain untuk FC Nurnberg. Selama bermain untuk Die Borussian, ia bekerja sama dengan Klopp, pelatih yang kini meraih kejayaan bersama Liverpool.

Dibawah besutan Klopp, Gundogan berhasil berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia. Ia juga menjadi bagian penting saat Dortmund mengakhiri dominasi Bayern Munich untuk memenangkan gelar juara Bundesliga musim 2011/12, dan mengantarkan Die Borussian menapaki final Liga Champions di musim berikutnya.

Gundogan meninggalkan Dortmund pada musim panas 2016 yang lalu untuk bergabung dengan Manchester City, tepat setelah satu musim kepergian Klopp ke Liverpool. Walau pun sudah lama berpisah, namun Gundogan masih teringat bagaimana filosofi Klopp dalam membangun Dortmund menjadi salah satu tim yang disegani di Jerman dan bahkan dunia.

“Filosofi Klopp? Segera mungkin mendapatkan bola kembali, transisi permainan yang cepat, kombinasi dan kemudian penyelesaian sedingin es di depan gawang lawan,” kata Gundogan dilansir DAZN.

“Di sesi latihan terakhir sebelum pertandingan penting, itu harus sangat intens. Kloppo mengeluh ketika itu tidak berhasil,” pungkasnya.

Sementara itu, bersama Dortmund, Klopp berhasil mempersembahkan 2 gelar juara Bundesliga, 1 gelar DFB Pokal, dan 2 DFL Super Cup.

Artikel Tag: Ilkay Gundogan, Jurgen Klopp, Borussia Dortmund

831  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini