Gara-Gara Bayern Munich, Bundesliga Minim Peminat dari Inggris

Penulis: Febrian Kusuma
Senin 05 Sep 2022, 13:00 WIB
Bundesliga

llkay Gundogan (Sumber: Joe Prior/Visionhaus via Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Jerman: Mantan gelandang Borussia Dortmund yang kini membela Manchester City, Ilkay Gundogan, tetap menyimak kompetisi Bundesliga meski ia telah bermain di Inggris. Menurut pandangannya, kompetisi kasta tertinggi Jerman itu tak lagi seksi di mata penonton asal Inggris.

Menurutnya, dominasi Bayern Munich yang terlalu berlebihan membuat kompetisi Bundesliga kehilangan daya tariknya. Seperti diketahui, Die Bavarian telah memenangkan kompetisi tersebut dalam sepuluh musim terakhir secara beruntun.

Jika dirunut dari statistik, maka terlihat jelas dominasi Bayern Munich di kompetisi tersebut. Dikutip dari laman Wikipedia, Bayern telah memenangkan kompetisi itu total sebanyak 31 kali, dan Borussia Dortmund yang berstatus sebagai tim terbanyak kedua hanya berhasil memenangkannya sebanyak lima kali.

“Bundesliga tidak boleh menjadi lebih berat sebelah dalam hal reputasi internasionalnya. Tapi saya pikir itu akan sangat sulit,” kata Ilkay Gundogan, dikutip dari laman Bavarian Football Works.

“Saya masih menonton sepak bola Jerman secara teratur, tetapi pada dasarnya saya perhatikan bahwa minat terhadap kompetisi Jerman secara bertahap mulai menurun, khususnya di sini, di Inggris,” lanjutnya.

lkay Gundogan tahu betul seluk beluk sepakbola Jerman, karena sejak awal karier profesionalnya sebagai pemain sepakbola ia telah membela klub-klub negeri Panzer, sebelum kemudian untuk kali pertama bermain di luar negeri dengan membela Manchester City di Liga Premier Inggris.

Artikel Tag: Bundesliga, llkay Gundogan, Bayern Munich

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/gara-gara-bayern-munich-bundesliga-minim-peminat-dari-inggris
1624  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini