FIFA Akan Pertimbangkan Kembali Format Piala Dunia 2026

Penulis: Depe Ptr
Minggu 18 Des 2022, 21:14 WIB
FIFA Akan Pertimbangkan Kembali Format Piala Dunia 2026

Gianni Infantino / via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Presiden FIFA, Gianni Infantino mengungkapkan bahwa format yang dimaksudkan untuk Piala Dunia 2026 akan dinilai ulang dan grup tiga tim berpotensi dihapuskan.

Piala Dunia 2026 yang diperluas yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada akan menjadi Piala Dunia pertama yang menampilkan 48 negara yang bersaing.

Niat untuk memperluas kompetisi hingga 50 persen menuai kritik, terutama atas bertambahnya jumlah pertandingan dan berpotensi melemahkan kualitas.

Dewan FIFA mempertimbangkan beberapa format yang diusulkan, termasuk perluasan menjadi 40 tim dengan delapan grup berisi lima orang, dan perluasan menjadi 40 tim dengan 10 grup berisi empat tim. Turnamen 48 tim dengan babak playoff pembukaan sebelum babak penyisihan grup juga jadi pertimbangan.

Tetapi format yang disukai, dipilih pada Januari 2017, adalah turnamen 48 tim dengan 16 grup yang terdiri dari tiga tim. Kekhawatiran telah diungkapkan atas peningkatan potensi kolusi dalam kelompok kecil seperti itu, seperti yang terlihat sebelumnya di Piala Dunia 1982.

Namun Infantino kini mengakui hal-hal tersebut akan dipertimbangkan lagi.

“Setelah Piala Dunia ini dan keberhasilan grup empat tim, benar-benar luar biasa, kami harus mendiskusikan kembali apakah 16 grup tiga tim atau 12 grup empat tim lebih baik,” katanya.

Format yang terlihat di Piala Dunia 2022 – delapan grup berisi empat, diikuti oleh braket sistem gugur 16 tim – tetap sama sejak 1998, yang merupakan Piala Dunia pertama dengan 32 negara.

Artikel Tag: FIFA, Gianni Infantino, Piala Dunia 2026

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/fifa-akan-pertimbangkan-kembali-format-piala-dunia-2026
644  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini