Ernando Ari Selamatkan Penalti, Timnas U-23 Takluk Dari Australia U-23

Penulis: Dayat Huri
Selasa 26 Okt 2021, 22:45 WIB
Penyelamatan penalti Ernando Ari belum mampu menyelamatkan timnas Indonesia U-23

Laga timnas Indonesia U-23 kontra Australia U-23/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Penyelematan penalti yang dilakukan Ernando Ari pada menit kelima tak mampu menghindarkan timnas Indonesia U-23 dari kekalahan kala menghadapi Australia U-23 pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10) malam WIB.

Dalam pertandingan kali ini, Shin Tae-yong memasang Hanis Saghara sebagai tombak tunggal. Dia disokong tiga pemain berkarakter menyerang, yaitu Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek, dan Bagus Kahfi.

Dua gelandang petarung yang diturunkan adalah Gunansar Mandowen dan Rachmat Irianto. Keduanya jadi tembok pertama untuk kuartet lini pertahanan Garuda Muda yang diisi Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan.

Timnas Indonesia U-23 sendiri dipaksa langsung bertahan sejak awal laga. Bahkan, Australia U-23 sudah mendapatkan peluang emas ketika pertandingan baru memasuki menit ketiga. Beruntung, eksekusi penalti Patrick Wood mampu dengan sempurna dihentikan Ernando Ari.

Kegagalan mengeksekusi penalti itu membuat Australia U-23 makin bernafsu menggempur gawang Ernando Ari. Sejumlah peluang didapat tim lawan, diantaranya lewat Jacob Italiano. Tapi aksi kiper milik Persebaya Surabaya mampu melakukan penyelamatan gemilang untuk mengamankan gawangnya.

Timnas Indonesia U-23 sendiri cukup kesulitan untuk keluar dari tekanan tim lawan. Serangan yang dilakukan lewat Witan Sulaeman masih mampu dipatahkan pertahanan tim asuhan Trevor Morgan itu.

Meski terus mendominasi dan menciptakan sejumlah peluang, Australia U-23 tetap tak mampu membobol gawang Garuda Muda berkat penampilan menawan Ernando Ari. Paruh pertama ditutup dengan skor sama kuat 0-0.

Keluar dari kamar ganti, tim berjuluk Olyroos itu tetap melakukan tekanan konstan ke lini pertahanan tim merah putih. Upaya mereka kemudian membuahkan hasil pada menit ke-52 Marc Tokich. Gol tersebut berawal dari tendangan bebas yang kemudian mampu disambut Tokich, skor berubah 1-0 untuk Australia U-23.

Tertinggal, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tetap kesulitan untuk keluar dari tekanan. Justru tim lawan mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-58 lewat Patrick Wood yang kali ini tak menyia-nyiakan peluang, setelah menerima umpan bersih dari rekannya, skor 2-0.

Timnas Indonesia U-23 kemudian memberi respon sempurna atas gol kedua tim lawan itu dengan mencetak gol balasan lewat aksi Witan Sulaeman. Tendnagan melengkung pemain dengan nomor punggung 8 itu dengan mulus menembus jala Nicholas Suman, Garuda Muda memperkecil ketinggalan 2-1.

Mampu mencetak gol balasan, gawang Ernando Ari justru harus kembali kebobolan. Kali ini lewat tendangan keras Jacob Italiano pada menit ke-76. Skor kembali berubah 3-1.

Kembali tertinggal dua gol, Shin Tae-yong kemudian melakukan sejumlah pergantian pemain, diantaranya dengan memasukkan penyerang Persija Jakarta, Taufik Hidayat. Pergantian itu terbukti efektif karena penyerang dengan nomor punggung 9 itu mampu memperkecil ketinggalan Garuda Muda pada menit ke-84, dia memanfaatkan bola liar hasil tendangan Gunansar Mandowen. Tak terkawal di depan gawang Olyroos, dia dengan sempurna menjebol gawang lawan untuk mengubah skor menjadi 3-2. Di sisa laga tidak ada lagi gol tercipta.

Dengan hasil itu, tim asuhan Shin Tae-yong wajib memetik kemenangan pada pertandingan kedua untuk dapat lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Leg kedua sendiri akan dilaksanakan Jumat (29/10) nanti.

Artikel Tag: Ernando Ari, timnas Indonesia U-23, australia u-23

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ernando-ari-selamatkan-penalti-timnas-u-23-takluk-dari-australia-u-23
819  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini