Duel Ederson Vs Alisson, Siapa Paling Jago?

Penulis: Demos Why
Rabu 02 Jan 2019, 07:42 WIB
Duel Ederson Vs Alisson, Siapa Paling Jago?

Ederson Moraes dan Alisson Becker (Foto: Kolase Liga Olahraga)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Laga antara Manchester City dan Liverpool tengah pekan ini akan mempertemukan dua kiper hebat yakni Ederson Moraes dan Alisson Becker. Dari kedua kiper tersebut, manakah yang lebih hebat? Berikut ulasannya.

Manchester City sendiri akan mengawali kiprah mereka di tahun 2019 dengan menjamu Liverpool di Etihad Stadium, Jumat (4/1) dini hari WIB. Laga ini dipastikan akan berjalan seru lantaran kedua tim sama-sama berstatus kandidat juara musim ini dan berada di posisi dua teratas pada tabel klasemen. Selain itu, dua sosok kiper hebat yakni Ederson dan Alisson layak untuk menjadi pusat perhatian pada pertandingan kali ini.

Ederson sendiri bergabung dengan Manchester City pada musim lalu usai didatangkan dari Benfica. Tak butuh waktu lama, pada musim pertamanya bersama The Sky Blues, Ederson langsung menjelma menjadi salah satu kekuatan utama tim.

Akan tetapi pada musim ini, Ederson memiliki saingan baru untuk memperebutkan status sebagai kiper nomor satu di Premier League. Pada musim panas lalu, Liverpool berhasil mendatangkan Alisson dari AS Roma. Bahkan dengan ketangguhan Alisson mampu membantu The Reds hingga pekan ke-20 masih memuncaki klasemen tanpa tersentuh kekalahan.

Lantas, jika melihat performa keduanya sepanjang musim ini, siapakah yang paling jago?

Jumlah Penyelamatan

Seperti data yang dilansir dari Sky Sports, jika menilik jumlah penyelamatan di sepanjang musim ini maka Alisson lebih unggul ketimbang Ederson. Pasalnya penjaga gawang yang berusia 26 tahun itu sudah melakukan 46 kali penyelamatan sedangkan Ederson baru 35 kali. Bukan cuma jumlah, rataan penyelamatan Alisson pada musim ini juga yang terbaik di Premier League. Alisson memiliki rataan penyelamatan sebesar 84,9 per laga sementara Ederson hanya 68,9 penyelamatan per laga.

Distribusi Bola

Untuk catatan yang satu ini, Ederson lebih baik ketimbang Alisson. Pasalnya Ederson memiliki akurasi umpan sukses sebesar 82,7 persen per laga dari total 504 operan yang dilakukan. Jumlah tersebut hanya kalah dari kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Sementara Alisson hanya memiliki tingkat akurasi umpan sukses sebesar 78,8 persen per laga kendati melakukan operan yang lebih banyak yakni 566 kali.

Jumlah Kesalahan

Karena keduanya dituntut untuk membantu serangan dari lini belakang dengan mendistribusikan bola langsung dari kotak penalti, ternyata membawa dampak buruk bagi dua kiper tersebut. Pasalnya baik Ederson dan Alisson juga pernah membuat kesalahan fatal yang membuat gawangnya dibobol lawan. Untuk jumlah kesalahan yang dibuat, kedua kiper asal Brasil itu mencatatkan jumlah yang sama yakni dua kali.

Artikel Tag: Ederson Moraes, Alisson Becker, Manchester City vs Liverpool

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/duel-ederson-vs-alisson-siapa-paling-jago
4723  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini