Ditahan Imbang 1-1 di Leg Kedua, Persib Tetap Lolos ke Final

Penulis: M. Aldi
Senin 19 Apr 2021, 23:30 WIB
Pemain Persib, Beckham Putra Nugraha ketika berduel dengan Kim Jeffrey Kurniawan

Beckham Putra Nugraha ketika melakukan duel dengan Kim Jeffrey Kurniawan (foto : Liga Indonesia Baru)

Berita Liga 1 Indonesia : Hasil imbang 1-1 mewarnai papan skor Stadion Manahan, Solo pada semi final leg kedua Piala Menpora 2021 yang mempertemukan Persib dan PS Sleman. Dengan hasil ini, Maung Bandung unggul agregat dari tim lawan dan berhak lolos ke babak grand final.

Robert Rene Alberts kembali memasang duet Wander Luiz dan Ezra Walian yang absen di laga pertama. Posisi bek di full back kanan pun ditempati oleh Supardi. Sementara PSS tidak banyak melakukan perubahan di komposisi starting eleven.

Persib Bandung memulai pertandingan dengan tekanan menuju pertahanan lawan. Peluang sudah didapat di menit 3 ketika Frets Butuan menerima umpan panjang dari Nick Kuipers. Dia menerima bola di kota penalti tapi tendangannya melambung.

Dua menit berselang giliran Ezra Walian yang punya ruang tembak di depan kotak penalti. Akan tetapi arah sepakannya masih menyamping di sisi kiri gawang Ega Rizky. Perlahan anak-anak PS Sleman mulai menguasai keadaan.

Inisiasi permainan pun berbalik ketika laga berjalan 15 menit. PSS mulai berani mengimbangi pemainan dari Persib terutama di lini tengah. Beberapa percobaan yang diambil Irfan Jaya pun dilakukan meski belum mengarah ke sasaran.

Pada menit ke-37, gelandang Maung Bandung, Dedi Kusnandar ditarik keluar dan nampak mendapat perawatan serius. Ia digantikan oleh Farshad Noor. Sebaliknya PSS juga harus mengganti Ega Rizky yang mengalami cedera dan memasukan Miswar Saputra di bawah mistar.

Selepas jeda PS Sleman mendapat peluang melalui tendangan bebas Irfan Jaya di menit 48 namun bisa ditip oleh I Made Wirawan. Tim lawan balas mengancam ketika Frets lepas dari kawalan dan melepas tendangan jarak dekat tapi tepisan Miswar menyelamatkan gawang.

Petaka datang di menit 64 ketika Fabiano Beltrame diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua. Sliding tackle kepada Wander Luiz dianggap membahayakan dan wasit Darma Santoso mengusir bek naturalisasi itu. Ini jadi kali kedua Fbabiano dikartu merah pada Piala Menpora.

Meski bermain dengan sepuluh pemain tapi PSS masih mampu mencetak gol melalu Saddam Gaffar. Serangan dari sisi kiri dilanjutkan umpan silang Samsul Arifin ke kotak penalti. Tendangan voli striker muda itu pun menaklukkan Made.

Skor agregat 2-2 pun membuat Maung Bandung tersentak karena ogah menentukan pemenang lewat adu penalti. Intensitas serangan ditingkatkan hingga akhirnya gol balasan hadir pada menit ke-83 dari sundulan Ezra Walian.

Ardi Idrus melepaskan crossing ke kotak penalti yang bisa dituntaskan oleh striker naturalisasi itu. Dia datang di saat yang tepat untuk menanduk bola masuk. Keunggulan 3-2 pun membuat Maung Bandung memimpin.

Skuat Elang Jawa yang enggan tersingkir mencoba menekan di sisa waktu yang ada. Tapi tidak ada gol yang tercipta dan satu slot tersisa di final Piala Menpora ditempati Persib. Sebelumnya sudah ada Persija yang menunggu setelah kemarin menyingkirkan PSM Makassar.

Artikel Tag: Persib, PS Sleman, Piala Menpora

646  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini