Declan Rice Bapuk di Timnas Inggris, Southgate Harusnya Belajar dari Arteta

Penulis: Fery Andriyansyah
Jumat 21 Jun 2024, 17:30 WIB
Declan Rice belum tampil maksimal di Euro 2024

Declan Rice belum tampil maksimal di Euro 2024. (Foto: Alex Grimm/Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Gary Neville berpendapat bahwa Gareth Southgate harus mengubah posisi Declan Rice di tim nasional Inggris, seperti yang dilakukan Mikel Arteta di Arsenal. Pendapat ini muncul setelah hasil imbang 1-1 yang mengecewakan melawan Denmark dalam lanjutan Euro 2024.

Banyak pemain The Three Lions yang tampil di bawah standar pada Kamis (20/6) malam WIB, bahkan mereka yang biasanya menjadi andalan dalam beberapa tahun terakhir. Declan Rice, yang dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia, tampak tidak dalam performa terbaiknya.

Gelandang senilai 100 juta poundsterling ini terlihat jauh dari bentuk terbaiknya di turnamen ini, dan Gary Neville berpendapat bahwa taktik Mikel Arteta mungkin berdampak negatif pada permainannya di tim nasional. Di Arsenal, Rice bergeser dari peran sebagai pemain bertahan atau No.6 menjadi gelandang box-to-box No.8, namun di bawah Gareth Southgate, ia selalu ditempatkan sebagai gelandang terdalam.

“Saya ingin menyebut seorang pemain yang kita semua cintai 100 persen,” ujar mantan bek Manchester United dan Inggris, Neville, kepada ITV. “Mikel Arteta memindahkan Declan Rice dari posisi itu [No.6] selama 15 pertandingan terakhir musim lalu untuk memasukkan Jorginho dan [Thomas] Partey, karena dia tidak terlalu bagus bermain di sana. Itu adalah saat paling gugup yang pernah saya lihat dari Declan Rice dan dia adalah pemain yang brilian. Saya pikir dia lebih baik bermain lebih maju."

Neville juga membandingkan Rice dengan pemain lain seperti Toni Kroos, Rodri, dan Vitinha yang mampu menggerakkan tim dari lini tengah. Dia menyatakan bahwa The Three Lionstidak memiliki pemain dengan kemampuan serupa, dan ini menjadi masalah besar. Sementara itu, pundit sekaligus mantan penyerang Arsenal dan Inggris, Ian Wright, tidak setuju bahwa Rice tidak bisa bermain sebagai No.6. Menurutnya, perubahan gaya permainan Rice lebih disebabkan oleh formasi yang diterapkan di Arsenal, di mana ia harus lebih maju karena tidak ada ruang di belakang.

Dengan penampilan yang kurang memuaskan, Southgate kemungkinan akan melakukan perubahan untuk pertandingan grup terakhir melawan Slovenia. Rice mungkin akan mendapatkan rekan baru di lini tengah, mengingat kesulitan yang dialami Trent Alexander-Arnold. Nama-nama seperti Kobbie Mainoo dan Adam Wharton disebut-sebut bisa masuk, meskipun Conor Gallagher, yang lebih suka bermain lebih maju, tampaknya memiliki peluang tampil lebih besar.

Artikel Tag: Gary Neville, declan rice, Gareth Southgate, Timnas Inggris, EURO 2024, Piala Eropa 2024, Arsenal

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/declan-rice-bapuk-di-timnas-inggris-southgate-harusnya-belajar-dari-arteta
506  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini