Cerita Kiper Bali United yang Pernah Bermain Sebagai Penyerang dan Cetak Gol di Popnas

Penulis: Dayat Huri
Senin 01 Jun 2020, 12:45 WIB
Cerita Kiper Bali United yang Pernah Bermain Sebagai Penyerang dan Cetak Gol di Popnas

Kiper muda Bali United, Rakasurya Handika/foto dok Bali United

Berita Liga 1 Indonesia: Sebagai salah satu kiper muda di tim Bali United, Rakasurya Handika ternyata sempat bermain sebagai penyerang. Tidak tanggung-tanggung, ia bahkan pernah sukses membobol gawang lawan pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 silam.

Pada tahun 2017 itu, Rakasurya Handika memang menjadi bagian dari kontingen Jawa Tengah untuk Popnas. Dan dia menjadi salah satu pemain penting yang ikut mengantarkan Jateng ke babak semifinal. Uniknya, peran pentingnya bukan sebagai kiper melain penyerang.

"Pada waktu itu saat Popnas tahun 2017, Kontingen Jawa Tengah mendaftarkan 18 pemain. Saat itu ada 4 pemain hanya bisa bergabung ketika semifinal karena mereka mengikuti Asian School Games di Iran. Jadi pada pertandingan pertama sampe babak 8 besar Jawa Tengah hanya bisa menggunakan 14 pemain," ujar Raka bercerita terkait alasan kenapa dirinya sempat dimainkan sebagai penyerang.

"Saat pertandingan pertama, striker kami mengalami cedera yang sangat serius sehingga tidak bisa melanjutkan turnamen tersebut. Dengan keterbatasan pemain yang ada, pada pertandingan 8 besar saat menghadapi Banten saya dipercaya masuk sebagai striker dadakan pada menit 70. Puji Tuhan pada waktu itu saya berhasil mencetak gol tunggal untuk Jawa Tengah dan menghantarkan tim saya ke semifinal," tambah Raka.

Selain itu, ia juga memiliki fakta menarik lainnya seperti pertama kali nonton di Stadion Manahan Solo saat berusia 7 tahun. Ia juga pernah menjadi pemain basket serta pernah merasakan sensasi jeweran dari pelatih kiper Bali United saat ini, Andy Petterson.

Sebagai salah satu kiper muda di tim Bali United, Rakasurya Handika memang harus terus mengasah kemampuannya. Apalagi untuk mendapatkan menit bermain bukan pekerjaan mudah karena di tim Serdadu Tridatu saat ini ada nama dua kiper top, Wawan Hendrawan dan Nadeo Argawinata.

Artikel Tag: Liga 1, Bali United, Stefano Cugurra Teco

651  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini