Bojan Jadi Pelatih Asing Pertama Persib yang BIsa Jadi Juara

Penulis: M. Aldi
Sabtu 01 Jun 2024, 12:30 WIB
Bojan Hodak jadi pelatih asing pertama di Persib yang bisa menjadi juara.

Bojan Hodak meraih titel pelatih terbaik Liga 1 2023/2024 (foto: Liga Indonesia Baru)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Kutukan pelatih asing tidak bisa juara di Persib akhirnya terputus. Bojan Hodak jadi sosok yang mematahkan rekor tersebut usai sukses membawa Maung Bandung menjuarai Liga 1 2023/2024.

Sudah banyak pelatih asing datang membesut Persib. Sejak era Marek Janota di era 80-an hingga Luis Milla yang menjadi pelatih di musim 2022/2023 dan di awal musim 2023/2024 ini, semuanya gagal mempersembahkan trofi.

Hingga akhirnya Bojan Hodak masuk dan membawa klub kebangaan warga Jawa Barat ini menang agregat 6-1 pada laga final melawan Madura United. Leg pertama dimenangkan 3-0 dan leg kedua ditutup dengan skor akhir 3-1.

Sang pelatih pun mengatakan dirinya senang karena bisa menorehkan hasil positif bagi klub. Menurutnya selalu bagus bisa mencatatkan sesuatu yang pertama dalam klub, terutama gelar juara.

"Hal yang bagus, saya tidak banyak berkomentar tapi selalu bagus ketika memenangi hal yang perdana. Itu hal yang bagus," ujarnya dalam jumpa pers usai laga final leg kedua di Gelora Bangkalan, Jumat (31/5).

Sentuhan magis Bojan sebagai pelatih awalnya mampu membawa tim keluar dari zona degradasi ketika tiba menggantikan Luis Milla. Perlahan posisi tim mulai merangkak naik hingga akhirnya masuk empat besar.

Persib lalu lolos ke championship series dan bisa menyingkirkan Bali United. Ini juga sebuah prestasi karena sebelumnya Maung Bandung selalu gagal meraih kemenangan melawan Serdadu Tridatu sejak 2017.

"Seperti pertama kalinya menang ketika melawan Bali dan pelatih asing pertama yang menjadi juara. Selalu bagus ketika meraih hal yang pertama," kata pelatih yang pernah meraih trofi bersama Johor Darul Takzim, Kelantan dan Kuala Lumpur City di Malaysia tersebut.

Atas keberhasilannya membawa tim menjadi kampiun, Bojan juga mendapat titel pelatih terbaik di Liga 1 2023/2024. Dia mengalahkan empat pelatih lain yang masuk dalam nominasi seperti Jan Olde Riekerink, Mauricio Souza, Pieter Huistra dan Stefano Cugurra.

Artikel Tag: bojan hodak, Persib, Liga 1 2023/2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/bojan-jadi-pelatih-asing-pertama-persib-yang-bisa-jadi-juara
563  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini