Bhayangkara FC Lolos Verifikasi AFC Club Licensing, Ini Kuncinya

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 21 Nov 2020, 07:00 WIB
Bhayangkara FC Lolos Verifikasi AFC Club Licensing

Bhayangkara FC Lolos Verifikasi AFC Club Licensing/foto dok Bhayangkara FC

Berita Liga 1 Indonesia: Kabar bahagia menghampiri Bhayangkara FC. Di tengah pandemi Covid-19 yang membuat kompetisi kasta tertinggi sepak bola tanah air, Liga 1 Indonesia harus tertunda hingga awal 2021, tim berjuluk The Guardian itu dinyatakan lolos verifikasi AFC Club Licensing 2020 tanpa syarat.

Pencapaian itu jadi prestasi tersendiri bagi klub. Benar, lolos verifikasi AFC Club Licensing bukan hal baru bagi kampiun Liga 1 2017 itu, mereka sudah dua kali dinyatakan lolos, yakni pada musim 2018 dan 2019. Namun, pada dua musim lalu itu, merekadinyatakan lolos verifikasi dengan syarat.

"Terima kasih kepada semua elemen yang telah bersama-sama mewujudkan prestasi ini," ujar COO Bhayangkara FC, Sumardji seperti dilansir laman resmi klub.

Ada lima aspek dalam proses verifikasi AFC Club Licensing yang dikenalkan pada sepakbola Indonesia sejak 2008. Lima aspek itu adalah sporting, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, dan keuangan.

Dan, dalam proses verifikasi yang dilakukan Club Licensing Departement PSSI pada Kamis (19/11) tersebut, Bhayangkara FC dinyatakan lolos verifikasi untuk aspek sporting kriteria A, B, dan C, infrastruktur kriteria A, B, dan C, personel dan administrasi, legal, dan keuangan.

"Jadi ini bukti bahwa kami tak sebatas mengejar prestasi di lapangan, tapi juga berusaha untuk tumbuh menjadi klub profesional seutuhnya," tutur AKBP I Nyoman Yogi Hermawan selaku manajer.

AFC Club Licensing sendiri bukan hanya jadi acuan standar klub profesional yang ditetapkan AFC. Tapi, juga jadi syarat bagi klub untuk tampil di kompetisi resmi AFC, seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Artikel Tag: Bhayangkara FC, Liga 1, AFC Club Licensing

402  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini