Berpotensi Hadapi Masalah Akut, Panpel Persib Belum Siapkan Solusi

Penulis:
Sabtu
Berpotensi Hadapi Masalah Akut, Panpel Persib Belum Siapkan Solusi

Budhi Bram Rachman

Berita Liga 1 Indonesia : Antusiasme tinggi Bobotoh pasti akan tersaji pada laga pembuka Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Potensi membludaknya penonton pada laga itu pun sangat tinggi jika menilik kebiasaan tahun-tahun sebelumnya.

Partai perdana Persib di sebuah turnamen atau kompetisi selalu menyedot animo tinggi Bobotoh. Pengalaman di musim sebelumnya, kondisi itu kerap terjadi dan seperti sudah jadi suatu tradisi.

Kerinduan menyaksikan Maung Bandung berlaga setelah libur satu bulan lebih bikin gairah Bobotoh membuncah. Ditambah penasaran mereka terhadap kekuatan baru Persib hasil racikan Mario Gomez yang baru dihadirkan untuk musim 2018.

Hanya saja pihak panpel Persib belum menyiapkan solusi meredam potensi membludaknya suporter. Padahal potensi ke arah situasi tersebut sudah terendus oleh panpel. Termasuk menyiapkan giant screen untuk penonton yang tak dapat tiket pun belum terpikir.

"Kita masih belum ke arah sana," ujar Budhi Bram Rachman selaku Local General Coordinator Persib pada awak media saat dihubungi, Jumat (12/1/2018).

Mengenai pengamanan pertandingan, Bram pun mengatakan pihaknya tidak bisa membuat kebijakan. Sebab semua sudah ditangani oleh yang lebih berwenang dari jajaran aparat. Termasuk soal taktik pengamanan khusus untuk Presiden Joko Widodo.

"Panpel kan hanya LOC jadi kita cuma mempersiapkan pertandingan saja, kalau untuk pengamanan kedatangan Presiden itu semua yang ngatur adalah SC," jelas Bram.

Dia juga belum memastikan berapa aparat yang dikerahkan menjaga pertandingan pembuka Piala Presiden ini. Hanya menurutnya angka personel akan lebih banyak ketimbang laga-laga Persib biasanya.

"Buat keamanan pertandingan sih sampai saat ini belum ada kabar berapa jumlah personil yang akan diturunkan nanti. Tetapi kalau biasanya sih setiap pertandingan ga kurang dari 1000 personil," tuturnya.

Potensi penjebolan tribun oleh Bobotoh yang tak mendapat tiket pun semakin besar. Lantaran dari kapasitas 38 ribu pasang mata, panpel hanya melepas tiket untuk 30 ribu penonton saja. Karena pertimbangan ruang bagi tamu khusus di tribun VVIP dan VIP.

"Kita cetak 30 ribu, dari kapasitas 30-40 ribu, pertimbangannya untuk space panitia pusat, tamu undangan apalagi kalau jadi ada Presiden," tukasnya.

Artikel Tag: Persib, Bandung, Gelora Bandung Lautan Api, Budhi Bram, panpel, Sriwijaya FC, piala presiden 2018, Bobotoh

349