Piala dunia Rusia 2018

Berizzo Segera Ditunjuk Jadi Pelatih Bilbao

Penulis: Fafa
Rabu 16 Mei 2018, 15:00 WIB
Berizzo Segera Ditunjuk Jadi Pelatih Bilbao

Eduardo Berizzo/As

Berita Liga Spanyol: Eduardo Berizzo dikabarkan akan diumumkan sebagai pelatih Athletic Bilbao dalam beberapa hari mendatang. Berita tentang hal ini terungkap dalam beberapa media di Cile. Setelah Desember lalu didepak Sevilla kini dia menjadi calon kuat sebagai arsitek klub yang bermarkas di Stadion San Mames itu.

Beberapa hari lalu Presiden Bilbao Josu Urrutia meumumkan bahwa klub yang berbasis di wilayah Basque itu tak akan lagi melanjutkan kerja sama dengan pelatih Jose Angel Ziganda. Dan pelatih yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat penggantinya adalah Berizzo.

Peresmian ditunjuknya mantan pelatih Cadiz ini bakal dilekukan dalam beberapa hari mendatang. NBC Sports melaporkan bahwa Berizzo, yang sebelumnya pernah menangani tim Spanyol Celta Vigo dan Sevilla, akan menandatangani kontrak berdurasi satu tahun.

Namun, informasi itu muncul setelah bantahan keras oleh klub bahwa sebuah pertemuan telah diadakan dengan Berizzo sebelum pemecatan Ziganda secara resmi diumumkan.

Berizzo memang sudah tidak asing dengan atmesfer sepakbola Spanyol. Dia telah merasakan persaingan di kompetisi elite Spanyol itu sejak masih berstatus sebagai pemain.

Dia mengawali aksinya di Spanyol sebagai pemain bersama Celta Vigo antara 2001-2005. Selanjutnya dia membela Cadiz selama setahun antara 2005-2006.

Setelah pensiun sebagai pemain dia merintis karier sebagai pelatih dengan menjadi asisten pelatih Timnas Cile. Dia kemudian menangani klub Argentina Estudiantes lalu ke O'Higgins di Cile.

Kiprahnya di Spanyol sebagai pelatih dimulainya bersama Celta Vigo antara 2014-2017.

Dia kemudian ditunjuk menangani Sevilla mulai awal musim 2017/18 menggantikan Jorge Sampaoli yang dipercaya menangani Tim Nasional Argentina. Namun Berizzo kemudian didepak pada Desember lalu. Posisi pelatih yang kini berusia 48 tahun itu digantikan pelatih asal Italia, Vincenzo Montella.

Artikel Tag: Eduardo Berizzo, Athletic Bilbao, Celta Vigo, Sevilla, La Liga, Berita Liga Spanyol

71