Berita Duka, Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl Tutup Usia

Penulis: Dayat Huri
Selasa 08 Sep 2020, 20:00 WIB
Alfred Riedl

Mantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl/foto dok Persebaya

Berita Timnas Indonesia: Mantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, meninggal dunia di kampung halamannya, Austria, Senin malam waktu setempat(Selasa WIB). Ia meninggal dunia di usia 70 tahun.

Dilansir dari laman Antaranews yang menyadur laman berita Austria, Kurier, Alfred Riedl meninggal didampingi istrinya, Jola. Riedl tercatat pernah menukangi timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF.

"RIP pelatih Alfred, teman dan mentor saya. Terima kasih atas pertemanan dan semua ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang Anda bagikan kepada saya. Tuhan memberkati. Salam, Wolfgang Pikal," kata Pikal seperti dilansir laman Antaranews.

Riedl sendiri tercatat membesut timnas Indonesia dalam tiga periode berbeda, yakni 2010-2011, 2013-2014, serta 2016-2017.

Momen terbaik sang pelatih bersama timnas jelas adalah pada ajang Piala AFF 2010 silam. Saat itu, pelatih berambut abu-abu tersebut berhasil membawa skuat Garuda ke partai puncak. Sayang, Irfan Bachdim dan kolega menyerah dari Malaysia di final.

Pada edisi 2016, Riedl kembali membawa Tim Garuda ke final Piala AFF. Namun, skuat Garuda kembali hanya jadi runner-up setelah tunduk dari Thailand di laga puncak.

Riedl sendiri sejatinya sempat menjalin kerja sama dengan klub peserta Liga 1 2020, Persebaya Surabaya pada September 2019 lalu. Akan tetapi, sang pelatih urung comeback melatih di tanah air lantaran masalah kesehatan. Dia harus menjalani operasi bypass jantung saat itu.

Sebagai pelatih, nama Riedl cukup mahsyur di persepakbolaan Asia Tenggara. Dia terbilang sukses saat menukangi Timnas Vietnam dan Laos. Selain itu, Riedl juga pernah melatih Timnas Iran serta timnas negaranya, yakni Austria

Artikel Tag: timnas Indonesia, Alfred Riedl, PSSI

531  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini