Belum Mampu Raih Trofi Bersama Timnas Indonesia, STY Dituntut Lebih Baik

Penulis: Dayat Huri
Rabu 01 Feb 2023, 08:30 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Mulai didapuk menukangi timnas Indonesia sejak akhir 2019, Shin Tae-yong (STY) telah memimpin skuat Garuda dari berbagai kelompok usia untuk mengikuti sejumlah turnamen. Sayang, sampai sejauh ini belum ada trofi juara yang mampu diraih pelatih asal Korsel itu.

Shin Tae-yong sudah menakhodai timnas Indonesia dalam sejumlah kompetisi ASEAN dan Asia. Mulai dari SEA Games Filipina, AFF U-19, Kualifikasi Piala Asia Senior dan U-19, hingga Piala AFF 2020 dan 2022 dan .

Hasil yang didapat pun antara lain skuat timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu di SEA Games Filipina. Kemudian tim U-19 dan senior lolos ke putaran final Piala Asia yang akan digelar Uzbekistan dan di Qatar tahun ini

Sayang, pada Piala AFF 2020 dan 2022 , timnas Indonesia sama-sama gagal dan harus puas keluar sebagai runner up di 2020 dan tersingkir di semifinal pada 2022.

PSSI melalui Komite Eksekutif telah menerima laporan hasil evaluasi terkait kinerja Shin Tae-yong selama dipercaya menukangi tim Merah Putih. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Departemen Teknik PSSI, eks pelatih timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 itu untuk bekerja lebih baik di berbagai kompetisi yang akan dihadapi skuat Garuda di sepanjang tahun ini.

"PSSI meminta pelatih Shin Tae-yong untuk bekerja lebih baik di kompetisi yang akan, mengingat timnas akan menghadapi kompetisi-kompetisi penting di sepanjang tahun. Utamanya bukan hanya skuat senior, namun juga tim U-19 yang tahun ini akan menghadapi Piala Asia dan Piala Dunia U-20," kata Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi seperti dikutip dari laman resmi federasi.

Karir pelatih 52 tahun itu di Tanah Air memang cukup berliku, meski secara permainan skuat Garuda dinilai mengalami peningkatan, namun sampai sejauh ini belum ada trofi yang berhasil dipersembahkannya. Alhasil, sejumlah pihak menilai bahwa sang pelatih sudah perlu dievaluasi, apalagi nilai kontraknya terbilang besar sehingga banyak kalangan yang berharap bahwa dia akan mampu mengakhiri dahaga gelar juara yang sudah lama dirasakan publik pecinta sepak bola Tanah Air.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, Piala AFF, PSSI

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/belum-mampu-raih-trofi-bersama-timnas-indonesia-sty-dituntut-lebih-baik
606  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini