Banyak Pemain Naturalisasi dari Belanda, Ini Respon Kuipers

Penulis: M. Aldi
Rabu 20 Mar 2024, 03:00 WIB
Bek Persib, Nick Kuipers

Nick Kuipers

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Empat pemain naturalisasi baru keturunan Belanda mendapat panggilan dari tim nasional Indonesia. Nick Kuipers menyebut hadirnya pemain ini bisa meningkatkan kualitas skuat Garuda.

Saat ini ada banyak pemain timnas yang punya latar belakang lahir dan tumbuh di Eropa. Elkan Baggott, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Justin Hubner, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Marc Klok serta Rafael Struick adalah beberapa sosok naturalisasi dari benua biru.

Jumlah tersebut bertambah dengan disahkannya status WNI untuk Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-on, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Keempat penggawa ini sebelumnya memiliki paspor Belanda dan beralih kewarganegaraan.

"Mereka banyak memanggil banyak pemain dari Eropa, bahkan dari Belanda. Saya tidak tahu kenapa," ujar bek andalan Persib Bandung ini ketika diwawancara oleh awak media.

Kuipers sendiri merupakan pemain asing Persib dari Belanda. Jadi dia tidak asing dengan beberapa nama yang baru saja diambil sumpah menjadi WNI ini. Dia bahkan pernah tampil melawan Thom Haye di kompetisi kasta tertinggi Negeri Kincir Angin.

Tepatnya di laga Eredivisie musim 2017/2028, saat itu, Kuipers masih bermain untuk ADO Den Haag, dan Haye di Willem II. Ado Den Haag di laga itu sukses meraih kemenangan tipis 2-1.

"Saya memang tidak banyak memainkan pertandingan bersama dengan mereka, tapi ada juga beberapa dari mereka yang sempat bermain bersama dan saya rasa mereka pemain yang bagus," jelas dia.

Namun tentu tidak mudah untuk bisa langsung nyetel dengan permainan Indonesia bagi pemain naturalisasi meski mereka punya kualitas bagus. Itu karena ada perbedaan budaya yang harus bisa disesuaikan agar kontribusi terbaik bisa disumbangkan.

"Tentu saja, seperti yang sudah saya katakan, tentu tidak mudah masuk ke liga di Asia terutama untuk tim nasional. Jadi saya harap, mereka bisa meningkatkan level permainan tim nasional dan bisa merasa percaya diri," ujarnya.

"Diharapkan mereka mampu melakukan banyak hal yang bagus untuk sepakbola Indonesia. Jadi menurut saya penting bagi mereka mendatangkan pemain ini," ujar dia memungkasi.

Artikel Tag: Nick Kuipers, Persib, Belanda

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/banyak-pemain-naturalisasi-dari-belanda-ini-respon-kuipers
1411  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini