Ballon d'Or: Robert Lewandowski dan Deretan Pemain yang Dianggap Kalah Tak Adil

Penulis: Febrian Kusuma
Rabu 01 Des 2021, 06:00 WIB
Robert Lewandowski

Trofi Ballon d'Or (Sumber: GettyImages)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepakbola: Pemenang Ballon d’Or 2021 telah diumumkan, di mana Lionel Messi berhak untuk menerima penghargaan Bola Emas tersebut, mengalahkan Robert Lewandowski yang sebelumnya dianggap lebih layak untuk memenangkannya.

Lionel Messi memang berhasil mempersembahkan trofi Copa America 2021 untuk Timnas Argentina, hanya saja penampilannya di musim ini masih tak sesuai dengan harapan. Kepindahannya ke PSG pada musim panas 2021 lalu membuatnya tak lagi tajam seperti ketika membela Barcelona.

Sementara itu, di sisi lain Robert Lewandowski justru terus menunjukkan penampilan yang konsisten dalam dua musim terakhir, sehingga ia dianggap lebih layak untuk memenangkannya. Dengan kata lain, Ballon d’Or 2021 yang seharusnya milik Lewandowski terpaksa ‘dicuri’ oleh Lionel Messi.

Namun, kontroversi seperti di malam penghargaan Ballon d’Or 2021 bukan hanya kali ini terjadi. Mundur ke belakang, setidaknya ada tiga pemain yang penghargaan Ballon d’Or miliknya harus ‘dicuri’ oleh pemain lainnya, dan berikut adalah lengkapnya.

Robert Lewandowski – Ballon d’Or 2020

Tak ada keraguan, bahwa Lewy seharusnya memenangkan Ballon d’Or 2020 yang lalu, setelah ia tampil begitu tajam bersama Bayern Munich. Selain mempersembahkan treble winner, yang berlanjut ke sextuple, bomber asal Polandia itu juga berhasil menjadi top skor di tiga kompetisi top yang dimenangi Bayern, yakni DFB Pokal, Bundesliga, dan Liga Champions Eropa 2019/20. Namun, sayangnya Lewandowski gagal memenangkan Ballon d’Or di tahun tersebut, karena France Football memilih untuk meniadakan penghargaan itu karena alasan adanya pandemi.

Luis Suarez – Ballon d’Or 2016

Kemudian ada nama Luis Suarez, pemain internasional Uruguay yang seharusnya memenangkan Ballon d’Or 2016, setelah ia sukses mencetak 37 gol di La Liga bersama Barcelona. Ia unggul 5 gol dari Lionel Messi, dan masing-masing unggul 10 gol dari Sergio Aguero sebagai top skor Liga Inggris serta Robert Lewandowski sebagai top skor Bundesliga 2015/16. Pada tahun itu penghargaan Bola Emas tersebut diberikan kepada Cristiano Ronaldo, dengan alasan ia sukses mempersembahkan trofi Piala Eropa 2016 untuk Timnas Portugal.

Thierry Henry – Ballon d’Or 2003

Yang terakhir adalah Thierry Henry, yang seharusnya mendapatkan penghargaan Ballon d’Or 2003, namun justru Bola Emas itu diberikan kepada Pavel Nedved dengan keunggulan 62 suara. Padahal Henry dianggap lebih layak untuk memenangkannya, setelah bomber asal Prancis itu sukses mengemas 42 gol secara total di tahun tersebut, baik untuk Arsenal atau pun Les Blues. Ketajamannya di lini depan The Gunners juga menjadi salah satu faktor kunci dibalik kemenangan mereka di Liga Premier Inggris dengan catatan invincible atau tak terkalahkan di musim 2003/04 silam.

Artikel Tag: Robert Lewandowski, Ballon d'Or 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ballon-dor-robert-lewandowski-dan-deretan-pemain-yang-dianggap-kalah-tak-adil
515  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini