Arsenal Konfirmasi Pernyataan Mesut Ozil soal Konflik Muslim Uighur

Penulis: Fery Andriyansyah
Minggu 15 Des 2019, 14:30 WIB
Arsenal Konfirmasi Pernyataan Mesut Ozil soal Konflik Muslim Uighur

Mesut Ozil sedang berdoa. (Foto: Getty Images)

Berita Liga Inggris: Arsenal menjauhkan diri dari komentar yang dibuat oleh Mesut Ozil, saat ia mengkritik Muslim lain karena 'diam' tentang penganiayaan terhadap suku Uighur di Tiongkok.

Ozil menggunakan media sosialnya untuk menyuarakan keprihatinannya tentang perlakuan terhadap suku Uighur, minoritas Muslim yang berbahasa Turki, di wilayah barat laut Xinjiang.

Suku Muslim Uighur di wilayah tersebut telah menjadi sasaran penganiayaan agama dan etnis oleh otoritas Tiongkok, dengan klaim bahwa lebih dari satu juta orang telah ditahan di kamp-kamp penahanan.

Setelah playmaker Jerman keturunan Turki itu berbicara tentang masalah ini di Instagram, Arsenal dengan cepat membuat pernyataan yang menekankan bahwa itu adalah pandangan pribadi Ozil dan klub menegaskan pendiriannya untuk tidak mencampuri urusan politik.

Pesan Ozil berbunyi: "Turkistan Timur. Umat yang terluka berdarah. Menentang para penganiaya yang berusaha memisahkan mereka dari Islam. Mereka membakar Al-Qur'an, masjid-masjid ditutup, sekolah madrasah dilarang, para sarjana Muslim dibunuh.

"Para lelaki dipaksa masuk ke dalam kamp dan keluarga mereka dipaksa untuk tinggal bersama lelaki Tiongkok. Para perempuan dipaksa menikahi lelaki Tiongkok.

"Tapi Muslim diam saja. Mereka tidak mengeluarkan suara. Mereka telah meninggalkan saudaranya. Tidakkah mereka tahu bahwa membiarkan penganiayaan adalah bentuk dari penganiayaan itu sendiri?"

Arsenal memiliki banyak kepentingan bisnis di Tiongkok dan berusaha membatasi kerusakan pada bisnis mereka dengan mengunggah pernyataan di platform media sosial negara tersebut, Weibo.

"Mengenai komentar yang dibuat oleh Mesut Ozil di media sosial, Arsenal harus membuat pernyataan yang jelas," bunyinya. "Konten yang diterbitkan adalah pendapat pribadi Ozil. Sebagai klub sepak bola, Arsenal selalu berpegang pada prinsip tidak melibatkan dirinya dalam politik."

Sementara itu, beberapa warganet dan penggemar sepak bola di Tiongkok telah menyayangkan kicauan tersebut karena tidak seharusnya seorang pemain sepak bola seperti Ozil turut mencampuri urusan negara mereka.

Artikel Tag: Mesut Ozil, Arsenal, Liga Inggris

1490  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini