Analisis: Ambisi Selecao Akhiri Puasa Gelar 16 Tahun di Piala Dunia

Penulis: Dayat Huri
Jumat 15 Jun 2018, 11:00 WIB
Analisis: Ambisi Selecao Akhiri Puasa Gelar 16 Tahun di Piala Dunia

Skuat Brasil

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: Brasil adalah negara paling suses sepanjang sejarah pagelaran Piala Dunia. Dari total 20 keikutsertaannya, tim Selecao sudah lima kali menggondol gelar juara, gelar pertama diraih pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan terakhir 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Meski tercatat sebagai tim paling sukses sepanjang perhelatan Piala Dunia, tapi pada tiga edisi terakhir Selecao selalu gagal menembus partai puncak. Pada 2006 di Jerman, langkah mereka terhenti pada babak delapan besar, hasil yang sama kembali harus mereka terima empat tahun berikutnya ketika berlaga di Afrika Selatan.

Nasib naas harus diterima Brasil ketika bertinda sebagai tuan rumah pada edisi terakhir. Di depan publik sendiri, Brasil yang saat itu dilatih Luiz Felipe Scolari harus menerima kenyataan dipermalukan dengan skor telak 7-1 oleh Jerman yang akhirnya keluar sebagai juara.

Tahun ini, dengan mengandalkan pemain-pemain penuh talenta seperti Thiago Silva, Neymar Jr, Philippe Coutinho, Gabriel Jesus, serta Roberto Firmino Brasil berharap bisa menambah koleksi gelar mereka menjadi enam kali.

Dalam perjalanannya menuju Rusia tahun ini, Brasil sebenarnya tampil tangguh sepanjang babak penyisihan Zona Conmebol. Dari total 18 pertandingan yang dilakoni, hanya satu kekalahan yang dirasakan Neymar dan kawan-kawan. Selebihnya didapat 12 kemenangan dan lima hasil imbang dengan total poin 41 poin, unggul 31 poin dari Uruguay di tempat kedua.

Hal yang mungkin masih jadi permasalahan yang harus dihadapi Tite selaku arsitek Timnas Brasil adalah untuk memutuskan siapa saja pemain yang pantas dipercayanya untuk mengisi lini serang Selecao.

Roberto Firmino, Gabriel Jesus, Willian, Douglas Costa, dan Taison adalah pemain-pemain yang memiliki peluang sama besarnya untuk bisa mendampingi Neymar Jr di lini serang.

Untuk perhelatan Piala Dunia 2018 ini, Brasil menghuni grup E bersama Swiss, Kosta Rika, dan Serbia. Melihat pesaing-pesaingnya tersebut, peluang Brasil untuk ke babak 16 cukup terbuka.

Berikut skuat Brasil untuk Piala Dunia 2018:

Kiper: Alisson, Ederson, Cassio

Bek: Danilo, Fagner, Marcelo, Filipe Luis, Thiago Silva, Marquinhos, Miranda, Pedro Geromel

Gelandang: Casemiro, Fernandinho, Paulinho, Fred, Renato Augusto, Philippe Coutinho

Penyerang: Neymar, Taison, Gabriel Jesus, Roberto Firmino, Willian, Douglas Costa

Jadwal Brasil di Grup E

Minggu (17/6) vs Swiss

Jumat  (22/6) vs Kosta Rika

Rabu   (27/6) vs Serbia

Artikel Tag: Piala Dunia, Brasil, Swiss, Kosta Rika, Serbia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/analisis-ambisi-selecao-akhiri-puasa-gelar-16-tahun-di-piala-dunia
1740  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini