Alasan Oktafianus Fernando Tetap Setia Bersama Persebaya

Penulis: Dayat Huri
Kamis 08 Okt 2020, 06:15 WIB
Winger Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando

Winger Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando/foto dok Persebaya

Berita Liga 1 Indonesia: Sebagai salah satu pemain yang sudah cukup lama memperkuat Persebaya Surabaya, winger lincah Oktafianus Fernando mengungkapkan bahwa rasa kekeluargaan yang terbangun cukup kental di tim berjuluk Bajul Ijo itu menjadi salah satu alasannya untuk tetap setia.

Pemain 27 tahun itu merupakan pemain pilar yang ikut mengantarkan Persebaya Surabaya merebut tiket promosi ke Liga 1 Indonesia pada 2017 silam. Tahun 2020 ini adalah musim keempat Oktafianus Fernando bersama tim kebanggaan Bonek dan Bonita itu.

"Semua pasti tahu, di sini semuanya seperti saudara. Saling perhatian, kadang bercanda bahkan saling bantu kalau ada kesulitan. Pokoknya kita berusaha susah senang bersama," kata Ofan, panggilan akrab Oktafianus Fernando seperti dilansir laman resmi klub.

"Suasana itu tidak hanya antar pemain, ke pelatih, official dan anggota tim lainnya juga begitu. Itu yang paling istimewa di Persebaya," imbuhnya.

Pemain yang identik dengan nomor punggung delapan tersebut menjalani banyak fase hidup selama berstatus pemain Persebaya Surabaya. Mulai dari lajang hingga kini sudah memiliki keluarga kecil dengan satu putra. Dirinya mengaku banyak belajar menjadi sosok suami sekaligus ayah dari para seniornya.

"Di sini kan sudah banyak yang sudah berkeluarga, jadi saya sedikit banyak belajar dari senior-senior, contohnya Cak Rendi. Kita banyak sharing soal mengurus anak dan lain-lain, ini kan anak pertama saya, kalau Cak Rendi kan sudah banyak," ujarnya.

Terlebih lagi pada saat pandemi seperti ini, Ofan banyak belajar mengenai melindungi keluarga dari ancaman virus Covid-19. Jebolan klub internal Persebaya tersebut mengaku sedikit paranoid saat mendengar berita soal virus Corona. Hal tersebut membuatnya menjadi pribadi yang lebih menjaga kebersihan.

"Saya itu termasuk yang paranoid soal kesehatan anak, apalagi masa pandemi gini. Kadang saya tanya ke pemain dan tim dokter soal kebenaran info Covid-19 ini, jujur saya agak parno," beber Ofan.

"Pokoknya saya menerapkan hidup bersih di lingkungan keluarga. Begitu pulang latihan langsung mandi sebelum pegang anak dan istri, terus sering cuci tangan kalau mau momong si kecil. Bersihan sekarang saya daripada dulu," kelakarnya.

Saat mendengar kabar ada pemain yang dinyatakan positif, setelah menjalani tes jelang lanjutan Liga 1, Ofan sempat kaget. Namun kakak kandung Marselino Ferdinand tersebut tetap percaya rekan-rekannya bisa sembuh dan kembali seperti sedia kala. Dirinya percaya penanganan manajemen sesuai dengan yang dibutuhkan oleh teman-temannya.

"Saya pastinya kaget saat mendengar kabar itu, apalagi saya sedikit parno orangnya. Tapi ya kembali lagi, mereka itu juga keluarga saya, pasti kangen kalau tidak lengkap, saya selalu mendoakan mereka cepat pulih. Apalagi di bawah penanganan dari manajemen, wong saya ini mencontoh protokol kesehatan dari manajemen, saya yakin mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan," pungkasnya.

Artikel Tag: Oktafianus Fernando, Persebaya Surabaya, Liga 1

684  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini