11 Negara Asia Rebutkan Lima Tempat Tersisa di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Penulis: Depe Ptr
Senin 10 Jun 2024, 06:20 WIB
11 Negara Asia Rebutkan Lima Tempat Tersisa di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia via gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Kualifikasi Piala Dunia 2026: Pada Selasa mendatang (11/06), sebelas negara akan bertarung memperebutkan lima tempat tersisa di fase berikutnya babak penyisihan Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertarungan ini akan menjadi penentu nasib bagi negara-negara seperti Tiongkok, India, dan Indonesia yang belum memastikan posisi mereka.

Negara-negara yang sudah memastikan tempat mereka di fase berikutnya termasuk tim-tim reguler Piala Dunia seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, dan Iran. Selain itu, juara Piala Asia yakni Qatar serta runner-up Jordan juga telah melaju ke putaran ketiga.

Total 18 negara akan berjuang untuk memperebutkan delapan tempat di putaran final Piala Dunia 2026 yang akan diadakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Peluang Tiongkok, India, dan Indonesia

Tiongkok, yang berharap untuk lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak debut mereka pada tahun 2002, berada dalam posisi yang cukup bagus setelah gol penyeimbang Behram Abduweli melawan Thailand pada laga terakhir. Hasil ini memberikan dorongan penting bagi Tiongkok untuk melaju ke putaran berikutnya.

India dan Afghanistan, yang sama-sama memiliki lima poin, juga berada dalam situasi genting. India akan bertandang ke Kuwait, kedua negara masih berpeluang mewujudkan impian mereka untuk lolos ke Piala Dunia. Afghanistan, di posisi ketiga, memiliki peluang yang sama untuk maju ke putaran berikutnya.

Indonesia akan menjamu Filipina, skuat Garuda menjadikan kemenangan sebagai target utama untuk memastikan tempat mereka di fase berikutnya. Indonesia harus menyingkirkan Vietnam yang berada di posisi ketiga Grup F di belakang Irak yang sudah lolos. Pertandingan ini akan menjadi ujian penting bagi Indonesia untuk mengamankan posisi mereka.

Tantangan Bagi Negara-Negara Lain

Suriah menghadapi tantangan besar melawan Jepang dan harus mendapatkan hasil positif untuk menahan laju Korea Utara di Grup B. Kyrgyzstan juga dalam posisi yang bagus untuk melaju ke putaran ketiga jika mereka tidak mengalami kekalahan telak melawan pemimpin Grup D, Oman di Muscat.

Pengundian dan Format Putaran Ketiga

Pengundian untuk putaran ketiga akan berlangsung di Kuala Lumpur pada 27 Juni. Di fase ini, kualifikasi akan dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing terdiri dari enam tim. Dua tim teratas di masing-masing grup akan melaju ke putaran final Piala Dunia 2026, sementara peringkat ketiga dan keempat akan melanjutkan perjuangan mereka di putaran keempat. Di putaran keempat, dua tempat berikutnya akan ditentukan.

Artikel Tag: Asia, Piala Dunia 2026, Indonesia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/11-negara-asia-rebutkan-lima-tempat-tersisa-di-kualifikasi-piala-dunia-2026
245  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini