Timnas Basket Indonesia Kian Berat Lolos Olimpiade Usai Dikalahkan Bahrain

Penulis: Senja Hanan
Kamis 17 Agu 2023, 17:02 WIB
Timnas Basket Indonesia Kian Berat Lolos Olimpiade Usai Dikalahkan Bahrain (lmages: lBL)

Timnas Basket Indonesia Kian Berat Lolos Olimpiade Usai Dikalahkan Bahrain. (lmages: lBL)

Ligaolahraga.com -

Berita Basket Indonesia: Timnas Basket Indonesia menalan kekalahan ketiga di ajang FIBA Pra Kualifikas Turnamen. Hadapi Bahrain yang notabene sebagai pemimpin klasemen, Indonesia kalah dengan skor 72-95.

Bahrain sepertinya sudah tahu siapa saja pemain Timnas Basket Indonesia yang harus dikunci. Sebab, di laga ini, Marques Bolden dan Yudha Saputera dibuat tidak berdaya. Bolden hanya menyumbang sembilan angka, padahal bisa mencetak attempt sebanyak sembilan kali. Sedangkan Yudha hanya berhasil mendulang enam angka saja. Tidak mudah bagi Yudha untuk bisa mencetak poin. Namun sebagai gantinya, ada tiga pemain yang tampil bagus.

Dimulai dari Widyanta Putra Teja. Guard Satria Muda Pertamina Jakarta itu mencetak 15 poin, termasuk dua tembakan tiga angka dari tiga percobaan. Sedangkan M. Reza Guntara menyumbang 14 poin. Defensive Player of the Year sekaligus MVP Final IBL 2023 tersebut juga mengoleksi tujuh rebound, yang jadi catatan tertinggi untuk timnas Indonesia. Sedangkan Antoni Erga membungkus 13 poin dan tiga assist.

Dalam laga tersebut, Timnas Basket Indonesia direpotkan oleh pemain bernama Devon Dwayne Chism. Dia mencetak 20 poin untuk Bahrain, serta masih ditambah dengan 11 rebound dan tiga assist. Tercatat ada lima pemain Bahrain mencetak double digit points. Jumlah tersebut sudah termasuk dua orang dengan kontribusi double-double, yakni Devon dan Muzamil Ameer Hamooda.

Penguasaan paint area yang bagus dari Bahrain di sepanjang pertandingan, berhasil membunuh Indonesia. Belum lagi soal free throw, di mana mereka punya FT% sebanyak 94,1%. Bahrain hanya gagal sekali dari 17 kesempatan free throw yang mereka dapat. Indonesia bukannya tanpa perlawanan. Mereka sempat mendapatkan momentum di kuarter kedua. Mereka mencuri keunggulan dengan skor 31-27, setelah running score 8-0 di lima menit awal kuarter kedua.

Tetapi keadaan berbalik ketika Devon Dwayne Chism memasukkan slam-dunk, yang menghentikan momentum Indonesia. Sejak saat itu, Bahrain terus berada dalam posisi unggul hingga buzzer berbunyi.

Perlu diketahui bahwa turnamen ini menggunakan sistem round-robin. Sehingga semua tim akan saling berhadapan satu sama lain, lalu juaranya ditentukan melalui klasemen. Indonesia sekarang berada di peringkat keempat di klasemen. Sehingga peluang mereka lolos ke FIBA Olympic Qualifiers sudah tertutup.

Namun Yudha Saputera dan kawan-kawan masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan tuan rumah Suriah, pada Kamis (17/8) malam. Timnas Indonesia berniat menutup turnamen dengan hasil positif.

Artikel Tag: Timnas basket Indonesia, olimpiade

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/timnas-basket-indonesia-kian-berat-lolos-olimpiade-usai-dikalahkan-bahrain
491  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini