Perbasi Umumkan Akan Ada 'ASEAN Champions League' Dalam Waktu Dekat

Penulis: Viggo Tristan
Selasa 06 Sep 2022, 07:09 WIB
Perbasi umumkan rencana kompetisi antarklub terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Perbasi umumkan akan ada kompetisi antarklub terbaik level Asia Tenggara. (Gambar: Humas PP Perbasi)

Ligaolahraga.com -

Berita Basket Indonesia : Kabar positif datang dari bola basket tanah air dimana Perbasi mengumumkan akan ada kompetisi antarklub level Asia Tenggara dalam waktu dekat. Nantinya, kompetisi itu akan mengadopsi sistem antar negara layaknya UEFA Champions League (Liga antar klub Eropa untuk cabang olahraga sepakbola).

Kompetisi ini digagas dalam pertemuan antara Perbasi, FIBA Asia dan SEABA (South East Asia Basketball Association). Nantinya, setiap negara diperbolehkan mengirimkan sejumlah perwakilan untuk dipertandingkan dalam kompetisi. Jumlah wakil yang boleh dikirimkan juga diatur. Maksimal tim yang boleh ikut adalah seperempat dari jumlah tim peserta liga lokal di negara tersebut. Sebagai contoh, jika IBL memiliki 16 tim di liganya, maka Indonesia boleh mengirimkan 4 wakil di turnamen antar klub level Asia itu.

Nirmala Dewi selaku Sekjen PP Perbasi mengatakan bahwa kompetisi seperti UEFA Champions League ini sangat penting untuk meningkatkan level kompetisi di Asia Tenggara. Semua tim terbaik di negara masing-masing bisa bertanding untuk mengukur ketangkasan.

"Ini merupakan jenjang kompetisi untuk kompetisi di setiap negara di Asia Tenggara. Bahwa tim terbaik hasil kompetisi mereka nanti akan mewakili di kompetisi Asia Tenggara. Ini semacam ASEAN Champions League," ucap Nirmala Dewi.

Untuk teknis lebih lanjut, semuanya akan dibahas detailnya pada akhir tahun ini. Satu hal yang sudah dipastikan, setiap tim berhak memakai jasa total tiga pemain asing. Namun nantinya pemain asing yang boleh bermain bersamaan di lapangan hanyalah dua orang.

Artikel Tag: Perbasi, Nirmala Dewi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/perbasi-umumkan-akan-ada-asean-champions-league-dalam-waktu-dekat
621  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini