Jersey Michael Jordan Terjual 155 Miliar Rupiah, Patahkan Rekor Maradona

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 17 Sep 2023, 12:22 WIB
Jersey merah yang pernah dikenakan Michael Jordan ini memecahkan jersey basket termahal yang pernah dikenakan saat pertandingan. (Foto: Sotheby's, Getty)

Jersey merah yang pernah dikenakan Michael Jordan ini memecahkan jersey basket termahal yang pernah dikenakan saat pertandingan. (Foto: Sotheby's, Getty)

Ligaolahraga.com -

Sebuah jersey yang dikenakan oleh legenda bola basket Michael Jordan sukses terjual dengan harga $10,1 juta atau sekitar Rp155,2 miliar, menjadikannya sebagai memorabilia olahraga yang dikenakan saat pertandingan termahal yang pernah dibeli dalam sebuah lelang.

Barang tersebut terjual pada hari Kamis (14/9/2023) di Sotheby's "INVICTUS", sebuah lelang dua bagian dari artefak olahraga. Kaos merah terang dengan tulisan, "Bulls 23", mengumpulkan 20 penawaran, kata Sotheby's. Imbasnya, angkanya naik dua kali lipat dari penawaran awal $5 juta.

Michael Jordan mengenakan jersey tersebut pada Game 1 Final NBA 1998. Timnya, Chicago Bulls, kemudian memenangkan seri final tersebut melawan Utah Jazz.

Musim tersebut dikenal luas sebagai "The Last Dance" (Tarian Terakhir) Jordan karena mengakhiri rentetan kemenangan bersejarah bagi Bulls di tahun 1990-an, yang mencakup enam gelar juara NBA. Jordan kemudian pensiun sementara pada 1999. Pada 2001, ia kembali bermain selama dua tahun. Jordan secara resmi pensiun pada 2003 pada usia 40 tahun.

Jersey Michael Jordan ini memecahkan rekor sebelumnya untuk barang koleksi yang dikenakan dalam pertandingan, yakni jersey yang dikenakan oleh almarhum pemain sepak bola Diego Maradona selama Piala Dunia 1986 yang terjual seharga $9,28 juta (sekitar Rp 142,6 miliar).

Rekor penjualan sebelumnya untuk jersey basket adalah jersey pertandingan dan bertanda tangan yang dikenakan oleh mendiang Kobe Bryant dari tahun 1996-97, yang terjual pada Mei 2021 melalui Goldin Auctions dengan harga $3,6 juta (sekitar Rp55,3 miliar).

Jersey tersebut juga mengalahkan rekor item memorabilia olahraga Jordan sebelumnya, yaitu sebuah kartu “patch card jersey” Upper Deck bertanda tangan yang terjual seharga $2,7 juta (sekitar Rp41,4 miliar) pada 2021.

Kartu yang sama mengalahkan kartu langka bertanda tangan Upper Deck Game Jordan tahun 1997 yang terjual hampir $1,5 juta (sekitar Rp23,05 miliar) di sebuah rumah lelang yang berbasis di Dallas. Pada 2021, sepasang sepatu kets yang Jordan kenakan selama musim pertamanya bersama Bulls juga terjual dengan harga hampir $1,5 juta.

Sebuah kartu baseball Topps Mickey Mantle tahun 1952 masih memegang gelar sebagai memorabilia olahraga paling berharga yang dijual dalam sebuah lelang, dengan harga $12,6 juta (sekitar Rp193,6 miliar).

Brahm Wachter, kepala pakaian jalanan dan barang koleksi modern Sotheby's, mengatakan kepada NPR bahwa jersey Jordan menimbulkan kegembiraan, baik dari penggemar olahraga maupun kolektor.

Dia mengatakan "hasil pemecahan rekor, dengan 20 penawaran yang mengejutkan, mengukuhkan Michael Jordan sebagai “THE GOAT" sejati, membuktikan bahwa nama dan warisannya yang tak tertandingi sama relevannya seperti hampir 25 tahun yang lalu."

Artikel Tag: michael jordan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/jersey-michael-jordan-terjual-155-miliar-rupiah-patahkan-rekor-maradona
486  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini