FIBA Resmi Keluarkan Sanksi Untuk Timnas Filipina dan Australia

Penulis: Viggo Tristan
Jumat 20 Jul 2018, 10:00 WIB
FIBA Resmi Keluarkan Sanksi Untuk Timnas Filipina dan Australia

FIBA berikan sanksi terkait perkelahian antara timnas Filipina dan Australia pada ajang FIBA World Cup Qualifier.

Ligaolahraga.com -

Berita Basket Asia : Tragedi perkelahian yang terjadi di pertandingan kualifikasi FIBA World Cup 2019 antara Filipina dan Australia membuat FIBA mengambil tindakan tegas. Asosiasi tertinggi bola basket dunia tersebut menjatuhkan sanksi berat bagi kedua pihak yang terlibat dalam perkelahian tersebut.

Pada tanggal 2 Juli silam, Filipina harus menghadapi perlawanan Australia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2019. Namun sayang, pertandingan harus berakhir lebih cepat karena kedua tim terlibat perkelahian serius. FIBA sebagai asosiasi bola basket terbesar di dunia akhirnya mengeluarkan sanksi resmi agar mencegah kejadian yang sama terulang kembali. Berikut adalah detail sanksi yang dikeluarkan FIBA:

Sanksi untuk Filipina:

Dari timnas Filipina, total ada 10 pemain yang terlibat dalam perkelahian. Sepuluh pemain tersebut akhirnya mendapat sanksi dari FIBA meski durasi sanksinya berbeda-beda. Japeth Aguliar dan Matthew Wright dihukum larangan bertanding selama 1 laga. Terrence Romeo, Jayson Castro, Andray Blatche, dan Jeth Rosario dihukum larangan bertanding selama 3 laga. Roger Pogoy, Carl Cruz, dan Jio Jalalon dihukum larangan bermain selama 5 laga. Calvin Abueva menjadi pemain Filipina yang mendapat sanksi paling berat dengan larangan bermain yang mencapai enam laga.

Selain pemain, pelatih dan Federasi Basket Filipina juga dijatuhi hukuman oleh FIBA. Chot Reyes sebagai pelatih dianggap menghasut pemainnya untuk bertindak tidak sportif. Ia pun dihukum dengan denda sebesar 10.000 franc Swiss. Untuk federasi bola basket Filipina (Samahang Basketbol ng Pilipinas), mereka juga didenda sebesar 250.000 franc Swiss karena dianggap tidak bisa meredam emosi pemainnya dan tidak menyediakan aparat keamanan sesuai standar. FIBA juga melarang Filipina untuk didukung penontonnya pada pertandingan selanjutnya yang bakal mereka jalani.

Sanksi untuk Australia:

Di kubu Australia, total ada 3 pemain yang mendapatkan sanksi dari FIBA. Ketiga pemain yang dimaksud adalah Chris Goulding, Thon Maker, dan Daniel Kickert. Goulding dihukum larangan bermain sebanyak 1 laga, Maker 3 laga, dan Kicker mendapat hukuman paling berat dengan larangan bermain mencapai 5 laga. FIBA juga memberikan sanksi kepada Federasi Bola Basket Australia dengan denda sebesar 100.000 franc Swiss karena mereka dianggap merusak fasilitas lapangan.

Sanksi untuk Wasit:

Wasit juga tidak luput dari perhatian FIBA dalam tragedi kali ini. Ketiga wasit  yang memimpin laga yaitu Ahmed Al Bulushi (Oman), Hatim Alharbi (Arab Saudi), dan Paul Skayem (Lebanon) juga mendapatkan hukuman berat. Ketiganya diskors untuk memimpin laga yang digelar oleh FIBA selama satu tahun ke depan. Larangan tersebut juga berlaku bagi turnamen kecil dalam tingkatan Zona atau Sub-Zona sekalipun.

Artikel Tag: FIBA, Australia, Filipina, Calvin Abueva, Thon Maker

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/fiba-resmi-keluarkan-sanksi-untuk-timnas-filipina-dan-australia
2743  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini