Delapan Tim IBL yang Lolos Babak Playoff Musim Ini

Penulis: Senja Hanan
Selasa 09 Jul 2024, 23:01 WIB
Delapan Tim IBL yang Lolos Babak Playoff Musim Ini

Delapan Tim IBL yang Lolos Babak Playoff Musim Ini

Ligaolahraga.com -

Berita Basket: Perjalanan panjang musim reguler IBL 2024 sudah berakhir. Kini delapan tim terbaik sudah siap menuju babak playoff, yang akan digulirkan mulai 11 Juli mendatang

Dengan berakhirnya pertandingan lanjutan antara Kesatria Bengawan Solo dan Prawira Harum Bandung, maka selesai sudah musim reguler yang sudah berjalan sejak bulan Januari hingga Juli, dengan beberapa kali jeda kompetisi karena ada agenda internasional dan libur lebaran. Kini ada delapan tim yang masuk playoff, dan semakin dekat dengan gelar juara liga.

Dimulai dari Dewa United Banten yang tidak terkejar di puncak klasemen akhir. Mereka berhasil mewujudkan target sebagai tim juara musim reguler dengan mendapatkan 22 kemenangan dari 26 pertandingan. Komposisi tim Dewa United kali ini membuat mereka menjadi salah satu favorit juara liga.

Posisi runner-up ditempati oleh Pelita Jaya Jakarta. Mereka hanya berjarak satu kemenangan dari Dewa Unitd (21-5). Namun pencapaian mereka tidak berpengaruh pada peluang juara Pelita Jaya. Apalagi melihat kedalaman skuad yang sudah ditampilkan selama musim reguler. Pelita Jaya sejak awal musim sudah berniat mengakhiri puasa gelar.

Juara bertahan, Prawira Harum Bandung, berhasil finis di urutan ketiga dengan rekor 21-5. Mereka tidak bisa menyalip ke posisi kedua, karena kalah selisih poin dalam pertemuan dengan Pelita Jaya. Tetapi Prawira punya semangat untuk kembali mempertahankan apa yang sudah mereka capai di tahun lalu, yaitu menjadi juara liga.

Tim yang finis di peringkat keempat adalah Kesatria Bengawan Solo. Ini merupakan pencapaian tertinggi yang bisa dicapai oleh tim baru di liga (19-7). Menjalani musim debutnya, Kesatria sempat jadi buah bibir dengan 16 kemenangan beruntun yang mereka dapatkan. Namun di akhir musim performa Kesatria turun drastis.

Selanjutnya, mereka harus siap menghadapi kerasnya persaingan playoff. Posisi kelima ada Satria Muda Pertamina Jakarta. Sempat terseok-seok di awal musim, Satria Muda finish-strong dengan 10 kemenangan berturut-turut di akhir musim reguler. Satria Muda selesai dengan rekor 19-7, dan tampaknya sudah siap menghadapi babak playoffs.

Target Satria Muda tetap sama dari tahun ke tahun, yaitu mencari gelar juara. Berikutnya ada RANS Simba Bogor dengan rekor 16-10. RANS masuk playoffs tiga musim beruturut-turut sejak mereka bergabung dengan IBL. Artinya, playoffs memang sudah menjadi tradisi dari RANS di liga ini. Tetapi RANS tahun ini harus bisa melangkah lebih juah. Karena di dua musim sebelumnya, mereka gugur di putaran pertama.

Bali United Basketball akhirnya bisa kembali ke playoffs, meski sempat diragukan di awal musim. Berbekal kekompakan tim, Bali United punya presentase kemenangan 50% di musim reguler, atau dengan rekor 13-13. Mereka kini akan kembali ke playoffs untuk kedua kalinya dalam dua musim terakhir. Terakhir ada Borneo Hornbills, yang dengan upaya kerasnya, berhasil lolos ke playoffs dengan rekor 11-15. Borneo terpuruk di awal musim. Tapi mereka melakukan segala cara untuk bisa kembali kompetitif, termasuk melakukan pergantian pelatih dan pemain asing. Hasilnya, Borneo bisa kembali ke playoffs untuk kedua kalinya.

Skema babak playoff sudah diumumkan sebelumnya, sehingga sudah bisa dipastikan siapa lawan yang akan dihadapi. Dewa United akan berhadapan dengan Borneo, Pelita Jaya melawan Bali United, Prawira jumpa RANS, dan terakhir Satria Muda melawan Kesatria.

Delapan tim akan mulai Bertanding pada 11 Juli, dengan sistem home-and-away.

Artikel Tag: IBL, Babak Playoff

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/delapan-tim-ibl-yang-lolos-babak-playoff-musim-ini
242  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini